ANALISIS KESIAPAN KARYAWAN (PSIKOLOGI, SOSIAL, EMOSIONAL) DALAM MENGHADAPI PERKEMBANGAN LAYANAN JASA KEUANGAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI (Studi Kasus PD.BPR Bank Daerah lamongan)

Penulis

  • Dyah Ayu Miranda Unisla

Abstrak

Abstrak

 

       Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kesiapan karyawan (psikologi, sosial, emosional ) dalam menghadapi perkembangan layanan jasa keuangan berbasis teknologi informasi pada PD.BPR. Bank Daerah Lamongan. sampel yang didapat dari perhitungan rumus slovin adalah 70 responden Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. dari analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan  Y = 1,872 + 0,599X1 + 0,292 X2 + 0,255 X3 + e. Hasil uji t Uji parsial telah dilakukan dan dihasilkan thitung lebih besar daripada ttabel (X1 = 4,866˃1,666. X2 = 1,994>1,666. X3 = 3,060˃1,666,  Sehingga dapat diketahui  bahwa (psikologi,sosial, emosional berpengaruh terhadap layanan jasa keuangan berbasis teknologi informasi. Dan uji simultan telah dilakukan, dihasilkan Fhitung lebih besar daripada Fabel (70,961>2,74). Sehingga dapat diketahui  bahwa  ( psikologi, sosial, emosional )  mempunyai pengaruh simultan terhadap layanan jasa keuangan berbasis teknologi informasi.

       

Abstract

 

       This study aims to determine the readiness of employees (psychology, social, emotional) in dealing with the development of information technology-based financial services in PD.BPR. Regional Bank of Lamongan. The sample obtained from the calculation of the Slovin formula is 70 respondents. Hypothesis testing in this study uses multiple linear regression. The sampling technique used was purposive sampling. from the multiple linear regression analysis obtained by the equation Y = 1.8872 + 0.599X1 + 0.292 X2 + 0.255 X3 + e. T test results Partial tests have been carried out and the resulting tcount is greater than t table (X1 = 4,866˃1,666. X2 = 1,994> 1,666. X3 = 3,060˃1,666, so it can be seen that (psychology, social, emotional influence on technology-based financial services information and simultaneous tests have been carried out, resulting Fcount greater than Fables (70,961> 2.74) so that it can be seen that (psychology, social, emotional) has a simultaneous influence on financial services based on information technology

   

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Adam, Muhammad .2015.Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Barawati, Elisa,Dkk. 2018. Kesiapan Untuk Berubah Karyawan Survivors Pt.Kayaan Putra Utama Coal Ditinjau Dari Iklim Psikologis Dengan Komitmen Afektif Sebagai Mediator. Jurnal Psikologi 2018, Vol 1, No 2, 1-9

Farida, Hidayatul (2018) Pengaruh Faktor-Faktor Motivasi Dari Sisi Finansial, Psikologi, Dan Sosial. Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada Optic Nusa Lamongan. Skripsi Program Studi Manjamen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Lamongan.

Narulita, Elsa. 2014. Kesiapan Karyawan Dalam Menghadapi Perubahan Ditinjau Dari Gaya Kepemimpinan Dan Tipe Kepribadian; Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.Psikologika. Volume 19 Nomor 1 Tahun 2014.

Oktari , Ranti Dan Nazir Azwir. 2011. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Pengendalian Intern Terhadap Kinerja Instansi Pemerintah; Jurnal Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Riau Kampus Bina Widya Km 12,5 Simpang Baru, Pekanbaru 28293. Volume 19,No ,02, 2011.

Setyaningrum, Rani, Dkk ( 2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja. (Studi Pada Karyawan Pt.Jasa Raharja Cabang Jawatimur). Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya Malang. 2016

Sihotang Theresia ,Ellen.2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaa Layanan Internet Banking; Jurnal Jurusan Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya, Ekonomi Dan Manajemen, Volume 13,(1), 2016.

Sugiyono. 2016. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Tiyansyah Alvin ,Dan Bimo Ariyo Widhi.2019. Peran Otoritas Jasa Keuangan Dalam Mengawasi Pinjaman Berbasis Teknologi Informasi (Fintech Lending); Program Studi Keuangan Dan Perbankan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun 2213-2302:Pissn,5141-2615:Eissn . Vol 7,No 1.April 2019.

Diterbitkan

2020-01-01

Terbitan

Bagian

Artikel