ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PEMILIHAN METODE AKUNTANSI PERSEDIAAN PADA PERUSAHAAN DAGANG SUB SEKTOR ECERAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2014-2018

Penulis

  • Muhammad miftakhul Ulum Unisla

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, kepemilikan manajerial, rasio lancar dan levarage secara parsial terhadap pemilihan metode akuntansi persediaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan dagang sub sektor eceran yang terdaftar di BEI tahun 2014-2018 yang berjumlah 25 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 13 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan statistika deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap pemilihan metode akuntansi persediaan. Kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap pemilihan metode akuntansi persediaan. Sedangkan rasio lancar berpengaruh terhadap pemilihan metode akuntansi persediaan. dan Levarage tidak berpengaruh terhadap pemilihan metode akuntansi persediaan.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Ayem Dan Harjanta. 2018. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Variabilitas Persediaan, Kepemilikan Manajerial, Financial Leverage Dan Laba Sebelum Pajak Terhadap Pemilihan Metode Akuntansi Persediaan. Jurnal Akuntansi Dewantara. Vol.2 No1

Fasa, Restina dan Riswan. 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Metode Penilaian Persediaan Pada Perusahaan Dagang Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2-14. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol.7 No. 2.

Mahardika, Rudy dan Elva. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Pemilihan Metode Akuntansi Persediaan Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar din Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Pendidikan. Volume 4 No. 2.

Muis, Kadim, dan Suratman. 2019. Analisis Pengaruh Rasio Lancar, Perputaran Persediaan dan Margin Laba Kotor Terhadap Pemilihan Metode Persediaan Pada Perusahaan Dagang Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015. Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma. Volume 2 No. 2.

Rahmi, Malikah, dan Junaidi. 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Metode Akuntansi Persediaan. E-JRA. Vol. 07 No. 03.

Shazuka, Sriwardany, dan Ovami. 2019. Determinan Pemilihan Metode Akuntansi Persediaan Pada Perusahaan Industri. Prosiding Seminar Nasional Hasil penelitian. Vol 2 No.2.

Sangadah, Siti Dan Kusmuriyanto.2014, Analisis Pemilihan Metode Akuntansi Persediaan pada Perusahaan Manufaktur. Accounting Analysis Journal, Vol.3, No.3.

Shofyah, Hidayati, dan Mawardi, 2019. Pengaruh Variabilitas Harga Pokok Penjualan, Rasio Lancar, Variabilitas Persediaan, Perputaran Persediaan Terhadap Pemilihan Metode Akuntansi Persediaan. E-JRA. Vol. 08 No. 011.

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta, Bandung.

Tcahjono, Achmad. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Pemilihan Metode Akuntansi Persediaan Pada Perusahaan Sub Sektor Perdagangan Besar Barang Produksi dan Sub Sektor Perdagangan Eceran Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Kajian Bisnis. Vol. 23 No.2.

Qosim, Angga. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Pemilihan Metode Penilaian Persediaan Pada Perusahaan Dagang Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015. Jurnal Akuntansi Fakultas ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji.

www.idx.co.id

Unduhan

Diterbitkan

2020-07-01

Terbitan

Bagian

Artikel