PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA, UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PENJUALAN, LIKUIDITAS, DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP PROFITABILITAS (THE EFFECT OF WORKING CAPITAL TURNOVER, COMPANY SIZE, SALES GROWTH, LIQUIDITY, AND CAPITAL STRUCTURE ON PROFITABILITY)

Desi Wulandari

Sari


Absrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perputaran modal kerja, ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan, likuiditas, dan struktur modal terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI tahun 2015-2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling  dan diperoleh sampel 24 perusahaan. Metode analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis dengan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan perputaran modal kerja dan ukuran perusahan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas, sedangkan pertumbuhan penjualan, likuiditas, dan struktur modal secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Perputaran modal kerja, ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan, likuiditas, dan struktur modal secara simultan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Arifin et al., (2019). Pengaruh Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Profitabilitas: Studi pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan.

Hery. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Grasindo.

Katadata. (2017, 03 November). Retrieved from (http://katadata.co.id/amp/berita/2017/11/ 03/ nielsen- penjualan- turun-akibat-daya-beli-lemah-bukan-tren-online).

Meidiyustiani, Rinny. (2016). Pengaruh Modal Kerja, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2010-2014. Jurnal Akuntansi dan Keuangan.

Natnadiandi, Audy. dan Willy Sri Yuliandhari. (2018). Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Struktur Modal, dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas (Studi Empiris pada Perusahaan Real Estate & Property yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). e-Proceeding of Management.

Purnama, Hari. (2018). Pengaruh Sruktur Modal, Kebijakan Deviden, dan Keputusan Investasi terhadap Profitabilitas (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur yang Go Publik di Bursa Efek Indonesia) Periode 2012-2016. Jurnal Akuntansi & Manajemen Akmenika.

Sari, Nindy Yufila dan Purwohandoko. (2019). Pengaruh Modal Kerja, Leverage, Likuiditas, dan Firm Size terhadap Profitabilitas Sektor Industri Barang dan Konsumsi. Jurnal Ilmu Manajemen.

Sudana, Made. (2015). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktek. Surabaya: Erlangga.

Wikardi, Lucya Dewi dan Natalia Titik Wiyani. (2017). Pengaruh Debt to Equity Ratio, Firm Size, Inventory Turnover, Assets Turnover dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas (Studi Kasus pada Industri Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Periode 2011-2015). Jurnal Online Insan Akuntansi.

Wulandari, Putri. dan Robinhot Gultom. (2018). Pengaruh Likuiditas, Aktivitas, dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017. Jurnal Ilmiah Methonomi.

www.idx.co.id


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.