EVALUASI PENGENDALIAN INTERNAL PERSDEDIAAN BARANG DAGANG PADA LYLY BAKERY LAMONGAN (EVALUATION OF INTERNAL CONTROL OF TRADING GOODS IN LYLY BAKERY LAMONGAN)

Vina Nur Vebriyanti

Sari


Abstrak

Persediaan adalah salah satu aktiva yang paling penting yang harus dimiliki oleh perusahaan karena persediaan merupakan suatu aktiva maka harus dilakukan pengendalian internal yang baik untuk menjaga aset persediaan tersebut dari penyelewengan dan adanya kecurangan yang mungkin terjadi. Tujuan Dari penelitian ini adalah unutk mengetahui efektivitas pengendalian internal persediaan barang dagang pada Lyly Bakery Lamongan. Untuk memperoleh data yang diperlukan maka peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan keperpustakaan. Dalam penelitian ini jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dan peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif.

     Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa evaluasi efektivitas pengendalian internal persediaan barang dagang pada lyly bakery lamongan sudah berjalan efektif, hal ini dibuktikan dengan adanya struktur organisasi yang jelas dalam pembagian tugas dan wewenang, aktivitas perusahaan yang baik, jalinan informasi dan komunikasi antara pimpinan dengan karyawan yang terjalin dengan baik, dan adanya CCTV untuk pemantauan dalam segala aktivitas..

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Agoes, Sukrisno. 2017. Auditing. Salemba Empat. Jakarta.

Angelina, linda dan Novi.2017. Analisis Efektivitas Sistem Pengendalian Interal Persediaan Barang Dagang Pada Supermarket Paragon Mart Tahuna. Jurnal Riset Akuntansi. Hal 131-139.

Ardana, Cenik, dan Hendro. 2016. Sistem Informasi Akuntansi. Mitra Wacana Media. Jakarta

Arikunto. Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Rineka Copta. jakarta.

Carter,Wiliam K,. 2009. Akuntansi Biaya, edisi empat belas, buku satu, jakarta : salemba empat

Krismiaji. 2015.Sistem Informasi Akuntansi. UPP STIM YKPN. yogyakarta.

Maisaroh, Yusrin, dkk. 2019. Analisis Pengendalian Internal Persediaan Barang Dagang Pada Cv Pp Lumajang. Hal 161 – 167.

Martini, Dwi., Sylvia Veronica NPS, Ratna Wardhani, Aria Farahmita, Edward Tanujaya, 2012. Akuntansi keuangan menengah berbasis PSAK, buku satu, Jakarta : Salemba Empat

Mulyadi. 2017. Sistem Akuntansi.salemba empat, Jakarta.

Pujiono, Juiharam. 2019. Analisis Pengendalian Inernal Atas Persediaan Barang Dagang Pada Toko Permai Pekan Baru.Volume 3 : 57-68.

Rudianto. 2013. Akuntansi Manajemen. Erlangga, Jakarta.

Sari, Ratna dan Subatin. 2017. Akuntansi Keuangan Berbasis PSAK. Mitra Wacana Media, Jakarta.

Sekaran, Uma. 2016. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Salemba Empat, Jakarta.

Sugiyono.2018.Metode Penelitian Pendidikan.Alfabeta, Bandung.

Tontoli, Elim dan Victoryna.2017.Analisis Efektivitas Pengendalian Intern Persediaan Barang Dagang Pada PT.Kimia Farma Apotek 74 Manado.Jurnal Riset Akuntansi. Volume 12 : 231-240.

Wulan,Yahdi dan Novi. 2017.Analisis Efektifitas Sistem Pengendalian Internal Persediaan Barang Dagang Pada Supermarket Paragon Mart Tahuna. Jurnal Riset Akuntansi.Hal 131- 139.

Yousida ,Imawati. 2017. Analisis Pengendalian Internal Atas Persediaan Barang Pada CV Fitriah. Volume 13.No 1 : 43-51.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.