Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba (THE EFFECT OF FINANCIAL RATIOS ON PROFIT GROWTH)

Santi Rahayu

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh rasio keuangan CR, DAR, TATO dan ROA terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan pertambangan subsektor batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan subsektor batubara. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode puporsive sampling. Sampel perusahaan yang memenuh kriteia sebanyak 10 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan secara persial CR tidak berpengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan laba. DAR tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan laba. TATO tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan laba. ROA terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan laba. Secara simultan CR, DAR, TATO dan ROA berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba. 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Andriyani, Ima. 2015. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba: Pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya. Volume. 13 No.3.

Aris dan Muhammad Jalari. 2017. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba: Pada Perusahaan Properti Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EKA CIDA. Volume.2 No.2.

Ghozali, Imam H. 2016. Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25, Edisi Ke enam. Universitas Diponegoro, Semarang.

Hery, 2016. Analisis Laporan Keuangan. Gasindo, Jakarta.

Pascarina, Yuliani Malinda. Suseno, Y. Djoko. dan Sriwidodo Untung. 2016. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba: Pada Perusahaan Industri Penghasilan Bahan Baku Yang Terdaftar Di BEI. JOM Fekon. Volume. No.1.

Pratiwi, Adhitya Putri. 2018. Analisis Pengaruh Rasio KeuangTerhadap Pertumbuhan Laba: Pada Perusahaan Food And Beverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Jurnal Disrupsi Bisnis. Volume 1 N0. 3.

Puspaningrum, Regina Christy. 2018. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Perusahaan: Studi Empiris pada Perusahaan Food & Beverages yang terdaftar di BEI. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia. Volume. 12. N0. 2.

Quraniah Mutiah dan Isynuwardhana Deannes. 2018. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan: (Studi kasus pada PT. Investama Ventura Syariah Periode 2009-2016). e-Proceeding of Management. Volume.5, No.2.

Safitri, Isnaniah Laili Khatmi. 2016. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba: Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia: Studi Kasus Pada Perusahaan Kalbe Farma Tbk Periode 2007-2014. Jurnal Akuntansi dan Bisnis. Volume 2. Nomor.2.

Salamah, Fitri et al. 2019. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba: Studi empiris pada perusahaan jasa subsector property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017. e- Proceeding of Management : Volume.6 No.1.

Sari, Dian Permata et al. 2017. Pengaruh Rasio Keuangan dan Ukuran Aset Pada Pertumbuhan Laba Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2013. E-Jurnal ekonomi bisnis dan akuntansi. Volume.IV No.1.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta, Bandung.

Yahya, Ariani Dwi. 2018. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba: Pada PT Krakatau steel (Persero) TBK periode 2010-2014. Jurnal Manajemen dan Bisnis.Yahya Volume.xNo.1

www.idx.co.id


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.