ANALISIS PENGARUH FAKTOR FINANSIAL, KOMPENSASI NON FINANSIAL, SOSIAL, FISIK DAN PSYCHOLOGY TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA INDUSTRI KERAJINAN TAS JAYA SAKURA LAMONGAN

Muhammad Tino

Sari


Abstrak

Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif kuantitatif, yaitu dengan menggunakan alat analisis statistik. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu ditentukan sebanyak 65 jumlah karyawan pada industri kerajinan Tas Jaya Sakura. Sedngkan sample dalam penelitian ini berjumlah 65 Responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan seluruh variabel terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor finansial, kompensasi non finansial, fisik, sosial dan psychology terhadap kepuasan kerja karyawan dengan memperoleh nilai Fhitung sebesar 50.282. Sedangkan secara simultan diperoleh nilai 2.548(X1), -380(X2), 0478(X3), 3.280(X4), -0.037(X5). Untuk variabel yang paling dominan yaitu variabel faktor sosial dengan nilai tertinggi yaitu 3.280 dari standart Confedience. Dari sini dapat disimpulkan bahwa Faktor Finansial, kompensasi non finansial, sosial, fisik, sosial Dan Psychology berpengaruh secarasimultan terhadap kepuasan kerja karyawan di Industri Kerajinan Tas jaya Sakura Lamongan. Untuk Faktor finansial dan  Sosial berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan kerja karyawan, Faktor Fisik tidak berpengaruh dan Faktor kempensasi non finansial dan Psychology berpengaruh negative. Untuk Faktor yang paling dominan yaitu Faktor sosial. Disitu dapat dilihat bahwa kepuasan kerja karyawan sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan agar dapat menghasilkan kinerja karyawan yang baik.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian ; Pendekatan Praktik.Jakarta ; Rineka Cipta.

Bakry, Umar Suyadi. 2016. Metode Penelitian Hubungan Internasional, Yogyakarta; Pustaka Pelajar

Badriyah, Milla. (2015)“Manajemen Sumber Daya Manusia” hal. 227, cetakan 1 Bandung ; CV Pustaka setia.

Ghozali, Imam. 2011, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Handoko, 2014, “Manajemen Personalia Sumber Daya Manusia”, Edisi, kedua.

Rivai, Veithzal. 2011, “Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan; dari Teori ke Praktek, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Simamora, Henry (2015), “Manajemen Sumber Daya Manusia” hal. 444, Yogyakarta ; STIEY.

Sutrisno, Edy. (2009),“Manajemen Sumber Daya Manusia” Edisi Pertama, Jakarta ; Kencana. Pranada media group.

Sutrisno, Edy. (2014), “Manajemen Sumber Daya Manusia”, Cetak Keenam, Pranada media Group, Jakarta.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung Afabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung Afabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung Afabeta.

Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian : Lengkap, Praktis, Dan Mudah Dipahami. Yogyakarta; Pustaka Baru Press.

Robbins, Stephen P. & Timothy, A. Judge. 2009. Organitational behavior. Edition, USA : Pearson International Edition, Prentice – Hall.

Utami, Christina Whidya, (2011). Manajemen Pemasaran jasa, Edisi 1 Penerbit Bayu Media.

As’ad, M. 2004. Psikologi Industri. Liberty: Yogyakarta. Dariyo, A. 2004. Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor: Ghalia Indonesia.

As`ad, M. 2004. Psikologi Industri; Seri Ilmu Sumber Daya Manusia, Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Melani, Titis. dan Suhaji. 2012. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja (Studi pada Karyawan Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi”YAYASAN PHARMASI” Semarang). Jurnal Kajian Akuntansi dan Bisnis. Vol 1, No 1

Nurlaila, Isfian (2007) Pengaruh faktor Psikologis, Sosial, Fisik dan Finansial Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Bagian Produksi pada PR. Adi Bungsu Malang Undergraduate thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Nasution, Wendi Amsuri. (2009). ”Pengaruh Kepuasan Kerja Karyawan Terhadap Intensi Turnover Pada Call Center Telkomsel Di Medan”. Jurnal mandiri 4(1). Fakultas ekonomi. Universitas Medan area.

Ni Nyoman Irnanti Anindya, Nyoman Ariana, Agus Muriawan Putra. (2017).”Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan the legian bali hotel”. Jurnal Kepariwisataan Dan hospitalitas. DIV Pariwisata Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana, JL. DR. R. Goris No. 7 Denpasar.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.