PENGARUH PENGUNGKAPAN CSR DAN ROA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (THE INFLUENCE OF CSR AND ROA DISCLOSURE ON COMPANY VALUE)

Siti Purnama Wati

Sari


Absrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan CSR dan ROA secara parsial dan simultan terhadap nilai perusahaan pada subsektor pertambangan batubara yang terdaftar di BEI tahun 2015-2018. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan subsektor pertambangan batubara yang terdaftar di BEI tahun 2015-2018. Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling yang diambil dari website resmi perusahaan dan www.idx.co.id, diperoleh sampel 9 perusahaan dengan jumlah data 36 yang memenuhi kriteria selama 2015-2018. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan CSR tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. ROA berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Pengungkapan CSR dan ROA secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Adhitya, Rizky, Suhadak, dan Nila Firdausi Nuzula. 2016. Pengaruh Pengungkapan CSR dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2011-2013). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Volume 31:1.

Arifianto, Mukhammad dan Muchammad Chabachib. 2016. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan yang Terdaftar pada Indeks LQ-45 Periode 2011-2014). Diponegoro Journal of Management. Volume 5:1.

Ayu, Dea Putri dan A. A. Gede Suarjaya. 2017. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Mediasi pada Perusahaan Pertambangan. E-Jurnal Manajemen Unud. Volume 6:2.

Cahyani, Gusti Ayu Putri dan Ni Gusti Putu Wirawati. 2019. Pengaruh Likuiditas, Kebijakan Dividen, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Volume 27:2.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Irfandani, Arif. 2017. Pengaruh Profitabilitas, Dividen, Leverage, dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Magisma. Volume 5:2.

Mawati, Eny Rufiyad, Pancawati Hardiningsih, dan Ceacilia Srimindarti. 2017. Corporate Governance Memoderasi Earnings Management dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Prosiding Seminar Nasional Multi disiplin Ilmu & Call for Papers Unisbank Ke-3.

Pristianingrum, Nurfina. 2017. Pengaruh Ukuran, Profitabilitas, dan Pengungkapan CSR Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper Ekonomi dan Bisnis.

Sudana, I Made. 2015. Teori & Praktik Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susansti, Gusti Ayu Made Rita dan I Gusti Ayu Nyoman Budiasih. 2019. Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan Profitabilitas pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi. Volume 28:3.

Syardiana, Gita, Ahmad Rodoni, dan Zuwesty Eka Putri. 2015. Pengaruh Investement Opportunity Set, Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, dan Return on Asset Terhadap Nilai Perusahaan. Akuntabilitas. Volume VIII:1.

Wahyuni, Dian. 2019. Pengaruh Kinerja Keuangan dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada PT. Bank Mestika Dharma Kisaran). Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan. Volume 5:2.

www.idx.co.id


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.