PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA UMKM (HASBI BAKERY) TIKUNG LAMONGAN

Penulis

  • Zumrotus Sholohah Universitas Islam Lamongan

Kata Kunci:

Komunikasi Pemasaran, Kualitas Produk, Minat Beli

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi pemasaran dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen di UMKM Hasbi Bakery, selain itu penelitian ini juga digunakan untuk menguji persamaan regresinya baik secara parsial, simultan maupun yang paling dominan diantara variabel komunikasi pemasara dan kualitas produk untuk meningkatkan minat beli konsumen di UMKM Hasbi Bakery. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang sudah melakukan pembelian produk selama 1 tahun terakhir sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 97 responden. Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi liniear berganda, uji korelasi berganda,uji koefesien determinasi, uji t, dan uji f, Hasil dari uji t penelitian ini menunjukka bahwa terdapat pengaruh secara parsial dan signifikan antara komunikasi pemasaran dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen di Hasbi Bakery. Hasil dari uji F komunikasi pemasaran kualitas produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen di UMKM Hasbi Bakery. Dan dari hasil persamaan regresi diatas menunjukkan bahwa variabel komunikasi pemasaran berpengaruh paling dominan terhadap minat beli konsumen di UMKM Hasbi Bakery

Referensi

Arikunto. 2017. Metode Penelitian Uji Reabilitas. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada Jakarta.

Deliyanti Oentoro. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakart: LaksBang PRESSindo.

Kotler, Phillip, Kevin Lane Keller. 2012. Marketing management,14th Edition. United States of America:Pearson.

Lasander, C. (2013). Citra Merek, Kualitas Produk, dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen pada Makanan Tradisional. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Nisrina. 2015. Bisnis Online: Manfaat Media Sosial dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kobis

Sarjita. (2016). Komunikasi pemasaran dalam menghadapi persaingan pasar. JBMA Vol III, No 1, Maret. ISSN: 2252-5483.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Perdana, Echo. 2016. Olahan Data Skripsi Dengan SPSS 22. Bangka Belitung. Penerbit : Lab KOM Manajemen Fe UBB.

Puntoadi, Danis. 2011. Meningkatkan penjualan melalui media sosial. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. (4thed.). Yogyakarta: CV Andi Offset.

Setiyaningrum, A. (2015). Prinsip – Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Unduhan

Diterbitkan

2021-11-15

Terbitan

Bagian

Artikel