PENGARUH DIMENSI SERVICE QUALITY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI PADA RM JOGLO PRAJA WIJAYA )

Penulis

  • Moh Fikri Riyandy Universitas Islam Lamongan

Kata Kunci:

Dimensi service quality, loyalitas pelanggan

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan Service Quality (tangible, , responsiveness, assurance , emphaty , reliability ,) terhadap loyalitas pelanggan pada RM Joglo Praja Wijaya baik itu secara parsial maupun silmultan dan untuk mengetahui presepsi pelanggan terhadap variabel dimensi service quality ( tangible, , responsiveness, assurance , emphaty , reliability ,) yang mempunyai pengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan RM Joglo Praja Wijaya. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif dengan sempel 100 orang pengunjung RM joglo praja wijaya dengan mengunakan teknik sampling accidental sampling serta pengumpulan data melalui koesioner,wawancara dan observasi. Sedangkan alat analisa yang digunakan adalah Uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, korelasi berganda, koefisiensi deteminasi ,uji t ,uji F.

hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa variabel service quality (tangible, , responsiveness, assurance , emphaty , reliability ,) baik secara silmultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan di mana menghasilkan Fhitung mempunyai nilai lebih besar dari pada nilai Ftabel (76,565 >2,31) dan secara parsial variabel service quality (tangible, , responsiveness, assurance , emphaty , reliability ,) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan di mana X1= 3,208 >1,986, X2= 2,067>1,986, X3= 2,088 >1,986, X4= 2,948>1,986, X5= 3, 095 >1,986 , Sedangkan dari uji regresi linier berganda didapat hasil Y= 0,191 + .0,264 X1 + 0,174 X2+ 0,172 X3+ 0,240 X4+ 0,236 X5, variabel bentuk fisik (tangible ) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh yang paling dominan  terhadap loyalitas pelanggan karena variabel tersebut mempunyai nilai standar koefisiensiyang lebih besar jika dibandingkan dengan variabel lain

Referensi

Choliqamin. 2015. Statistika. Blogger http://statistikaikip.blogspot.com/2015/05/korelasi-ganda.html diakses 29 januari 2021

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Handayati Ratna. 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat kepuasan konsumen Di Pong-Pong Café lamongan. Julnal ekonomi dan akuntansi, Vol. 1.No.3,

Huda Khoirul. 2014. Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan ( Studi Pada Café Ria Djenaka Malang. Skripsi. Malang : Program Sarjana Universitas Negeri Malang.

Marcell dan Michael Adiwijaya. 2017. Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Auto Bridal Surabaya. Jurnal Menejemen Bisnis. Vol. 5, No. 1

Novia Nelly , Sasi Utami dan Rinto Nurbambang. ( 2019) . Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pasar Tradisional Ngronggo Kota Kediri. Jurnal JIMEK. (online). Vol 02 No 01 http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jimek/article/view/413/397 diakses 23 September 2020

Sujarwati . 2016. Kupas Tuntas Penelitian Akuntasi Dengan SPSS.Yogyakarta : Pustaka Baru Press

Unduhan

Diterbitkan

2021-11-15

Terbitan

Bagian

Artikel