PENGARUH IKLAN PEPSODENT PADA MEDIA ELEKTRONIK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Kasus Masyarakat Desa Sukoanyar)

Penulis

  • Nuril Chikmah Universitas Islam Lamongan

Kata Kunci:

Pesan Iklan, Musik Iklan, Ilustrasi Cerita, Bintang Iklan, keputusan Pembelian

Abstrak

Tujuan riset ini ialah guna mengetahui apakah Pesan Iklan (X1), Musik Iklan (X2), Ilustrasi Cerita (X3), dan Bintang Iklan (X4) terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Y) pada masyarakat desa Sukoanyar.

Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa adanya pengaruh variabel dari hasil pengujian secara parsial X1 (Pesan Iklan) diperoleh nilai thitung sebesar 4.983 > ttabel sebesar 1,985, uji t X2 (Musik Iklan) diperoleh nilai thitung sebesar 2.779 > ttabel sebesar 1,985, uji t X3 (Bintang Iklan) diperoleh nilai thitung sebesar 2.449 > ttabel sebesar 1,985, uji t X4 (Ilustrasi Cerita) diperoleh nilai thitung sebesar 2.166 > ttabel sebesar 1,985, Dan dari uji regresi linier berganda didapat hasil Y = -0,230 + 0,380 X1 + 0,219 X2 + 0,224 X3 + 0,182 X4 + e dalam hal ini variabel pesan iklan (X1) yang memiliki nilai yang paling dominan dalam uji regresi linier berganda. Dan variabel pesan iklan (X1) mempunyai pengaruh secara dominan disbanding variabel musik iklan, ilustrasi cerita, dan bintang iklanterhadap keputusan pembelian konsumen masyarakat desa Sukoanyar

Referensi

Andriani, Nurfatwa. 2016. Pengaruh Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pasta Gigi Pepsodent Di Makassar Sulawesi Selatan. Jurnal Economix Volume 4 Nomor 2 Desember 2016.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Kotler, P dan Amstrong, G. (2016). Dasar-Dasar Pemasaran.Jilid 1, Edisi Kesembilan. Erlangga, Jakarta.

Kotler, P. dan Kevin, L. K. (2016). Marketing Management 16 edition. New Jersey: Pearson.

Kuspriyanto, Taat. 2018. Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Apartemen Meikarta. AMIK BSI Jakarta. Jurnal Cakrawala Vol. XVIII, No.1 Maret 2018.

O. Serina, Moloku, dkk. 2019. Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo Di IT Center Manado. Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 8. No. 2

Prastiyo, Yuni. 2016. Pengaruh Green Marketing Tool’s Terhadap perilaku Pembelian Konsumen. Bali. Udayana Bali. E-Jurnal Manajemen Ubud, Vol.5 No.6 2016.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. PT. Alfabeta.

Winata. Adi,Ketut. Nurcahya I. 2017. Pengaruh Iklan Pada Media Televisi Terhadap Minat Beli (Studi Pada Calon Konsumen Bukalapak.Com Di Kota Denpasar). Bali. E-Jurnal Manajemen Unud,Vol.6 No.10, 2017:5660-5692

Unduhan

Diterbitkan

2021-11-15

Terbitan

Bagian

Artikel