PENGARUH DIMENSI KUALITAS LAYANAN (SERVICE QUALITY) TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Studi Pada BTN KCP. Lamongan)

Authors

  • Mohamad Rizal Nur Irawan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/ekbis.v20i1.206

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh dari setiap dimensi kualitas layanan (Service Quality) yang telah diberikan Bank BTN Kcp. Lamogan terhadap kepuasan para nasabah.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank BTN Kcp. Lamongan, sedangkan Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden, metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, metode analisis data menggunakan analisis regresi linear dan proses pengolahan data menggunakan program komputer SPSS (Statistical Package For Social) V. 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi bernilai positif 0,781 menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara dimensi kualitas layanan (service quality) terhadap kepuasan nasabah. Dari hasil pengujian secara parsial (uji t) diperoleh ttabel = 1,661 dan thitung dari variabel Tangible (-3,216), Reliability (3,065), Responsiveness (-0,533), Assurance (4,732), dan Emphaty (5,050). Variabel bebas Reliability,Assurance, dan Emphaty mempunyai nilai signifikasi ≤ 0,05 maka variabel bebas tersebut mempunyai penggaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Nasabah di Bank BTN Lamongan. Sedangkan Tangible dan Responsiveness tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan nasabah Bank BTN Lamongan. Secara simultan (uji F) didapatkan hasil bahwa F-hitung ≥ F-tabel dengan perbandingan angka 62,208 ≥ 2,31 maka H0 ditolak dan Ha diterima atau dapat dilihat dari nilai pada kolom signifikansi sebesar 0,000 ≤ 0,05 artinya terdapat pengaruh simultan antara variabel Tangible (X1), Reliability (X2), Responsiveness (X3), Assurance (X4), dan Emphaty (X5) terhadap variabel (Y) Kepuasan nasabah pada Bank BTN Lamongan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bebas (Tangible, Reliability, Assurance, Responsiveness, dan Emphaty) memiliki hubungan yang positif antar variabel dengan pengaruh persentase sebesar 75%, di mana pengaruh hubungan tersebut dinyatakan kuat, antara variabel Dimensi Kualitas Layanan (Service Quality) terhadap Kepuasan Nasabah Bank BTN Kcp. Lamongan. Kata kunci : Tangible, Reliability, Assurance, Responsiveness, Emphaty dan Kepuasan Nasabah

References

Alma, Buchori. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Arief, (2007), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Keempat, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur

Penelitian, Jakarta; Rineka Cipta.

Basu, Swasta Dharmmesta, Handoko T Hani, (2007), Manajemen Pemasaran : Analisis Perilaku Konsumen, Edisi Pertama, Cetakan Ketiga, BPFE Yogyakarta.

Goetsch, Davis, (2007), Prinsip Pemasaran, Edisi ke tujuh, jilid I, Terjemahan Lamarto, Yohanes, Erlangga, Jakarta.

Kotler & Keller, 2013, Manajemen Pemasaran, Erlangga : Jakarta.

Lusitasari, Nia. 2016. “Analisis Pengaruh Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Emphaty Terhadap Kualitas Layanan (studi kasus pada Baby Shop “KENZI†Lamongan)â€. FE: UNISLA

Masri, Singarimbun, (2012), Metode Penelitian Survai, Cetakan Kedua, LP3S, Jakarta.

Pengendalian Internal terhadap Kualitas Laporan Keuangan pada Dinas Pemerintah Kabupaten Lamongan (Study Kasus pada SKPD Pemerintah Kab.Lamongan) â€. FE: UNISLA.

Parasuraman, A. V. A. Zeithaml, dan L.L. Barry, 1998, SERVEQUAL : A Multipe;tem Scale for Measuring Consumer Perception of Service Quality, Journal of Retailing, Vol. 64, No.1.

Prof Sugiono-anotherorion.com.

Buku Metode Penelitian,

-maret-2016. Http://anotherorion.com/buk u-metode-penelitian-karya- prof- sugiyono/&ei=4EKOIOCN

&Ic=1&m=965&host=www

.google.co.id

Rambat, Lupiyoadi, (2006), Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek, Edisi Pertama. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Satriya, Ganda. 2016. “Analisis Pengaruh Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen UD. BEKLET Basuki Rahmat Lamonganâ€. FE: UNISLA

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung; Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi

Pemasaran. Yogyakarta; Andi Publisher

Widya Utami, Cristina. 2014.

Manajemen Ritel. Jakarta; Salemba Empat

Zeithaml, Valerie A., A.

Parasuraman, and L.L.

Berry (2006) “Delivery

Quality Service Balancing Customer Perseptions and Expectationâ€, New York: The Free Press (2009) “Delivery Quality Service Balancing Customer Perseptions and Expectationâ€, New York: The Free Press.

Published

2019-03-01