PENGARUH PELAYANAN, FASILITAS DAN TARIF KAMAR INAP TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PADA RSI DARUS SYIFA DI SURABAYA

Authors

  • Yunni Rusmawati DJ Fakultas Ekonomi Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/ekbis.v20i1.207

Abstract

: Dewasa ini seiring dengan meningkatnya perekonomian, pendidikan serta kesejahteraan masyarakat, masyarakat mulai memasukkan kebutuhan baru yakni layanan rumah sakit yang baik sebagai dasar kualitas pelayanan dimana rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik untuk para konsumen. hipotesis dalam penelitian ini yang pertama diduga Pelayanan, fasilitas dan tarif kamar secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSI Darus Syifa Surabaya, kedua diduga Pelayanan, fasilitas dan tarif kamar secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSI Darus Syifa Surabaya, ketiga diduga Pelayanan berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan pasien di RSI Darus Syifa Surabaya. Metode analisis yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier berganda, korelasi, koefisien determinasi, uji F dan uji t. Berdasarkan hasil uji validitas menunjukkan bahwa koefisian lebih besar dari r tabel dan dinyatakan valid, pada uji reliabilitas mempunyai koefisien alpha yang cukup besar dari 0,6 dan dinyatakan reliabel. Perhitungan regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 0,569 + 0,783X1 + 0,261X2 – 0,149X3, uji F menunjukkan nilai F = 27,383 dengan signifikansi sebesar 0,00<0,05 dan secara parsial uji t dari variabel X1 sebesar 7,394, X2 sebesar 2,252 dan X3 sebesar -1,320. Dapat disimpulkan bahwa secara parsial dari ketiga variabel bebas yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kepuasan pasien rawat inap pada RSI Darus Syifa Surabaya adalah pelayanan (X1). Kata Kunci : Pelayanan, Fasilitas, Tarif Kamar Inap dan Kepuasan

References

Alma, Buchari. 2016. Manajemen

Pemasaran dan Pemasaran

Jasa. CV Alfabeta,Bandung.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Edisi Revisi 2010. Rineka Cipta,Jakarta.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Kotler, Philip dan Keller, Lane, Kevin,

Principle of Marketing,

th edition. New Jersey: Pearson Hall, Inc

Stanton, William J. 2012 . Prinsip

Pemasaran. Erlangga. Jakarta

Sudjana, 2013. Metode Statistika.

TARSITO, Bandung.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, cetakan ke-20.CV Alfabeta,Bandung..

Tjiptono, Fandy. 2014. Strategi

Pemasaran. ANDI Yogyakarta.

Tse, D. K & Wilton, P. C (1988).

Kepuasan Pelanggan. Jilid 2. Edisi Ketiga. PT Indeks Kelompok Gramedia. Klaten.

Usman, Husaini. 2011. Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Wilkie, William L. 1994. Consumer

Behavior. Third Edition, Jhon

Wiley & Sons Inc. New York

Published

2019-03-01