ANALISIS PENGARUH FAKTOR SOSIAL, BUDAYA DAN TINGKAT PENGETAHUAN KOMUNITAS SAMIN TERHADAP PREFERENSI PERBANKAN SYARIAH DI KABUPATEN BOJONEGORO
DOI:
https://doi.org/10.30736/je.v22i1.694Keywords:
Keputusan Nasabah, Faktor Sosial, Faktor Budaya, Tingkat Pengetahuan, Preferensi, Perbankan SyariahAbstract
Penelitian ini memeriksa pengaruh faktor Sosial Budaya dan tingkat pengetahuan yang mempengaruhi preferensi komunitas Samin terhadap Perbankan Syariah di Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor manakah yang mempengaruhi keputusan nasabah, dalam hal ini komunitas Samin di Bojonegoro, dalam memilih perbankan syariah dan faktor yang mendominasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengaplikasikan analisis regresi logistik (binary logistic regression). Subyek dalam penelitian ini merupakan komunitas adat samin yang bermukim di Kabupaten Bojonegoro. Rata-rata responden berusia yang masuk kategori usia produktif yaitu dari usia 15 hingga 55 tahun dengan jumlah 100 responden. Responden bukan merupakan nasabah bank Syari’ah.
References
Adiseputra, Yudhistira et al (2019), “Risk Analysis and Efficiency
Islamic Banking: Evidence in Indonesiaâ€. IKONOMIKA. Vol.4. No.2, hal. 151–170.
American Marketing Association (AMA) yang dikutip oleh Philip Kotler dan Keller Kevin Lane yang diterjemahkan oleh Bob Sabran. 2009.
Agus Widarjono. 2010. Analisis Statistika Multivariat Terapan. Edisi pertama. Yogyakarta: UPP STIM YKPN
Anggadwipa dkk. 2013. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Nasabah (Mahasiswa) Dalam Memilih Menabung Pada Bank Syariah. PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Teknik Sipil) Vol. 5 Oktober 2013
Anshori, Abdul G. 2007. Perbankan Syariah di Indonesia. UGM Press: Yogyakarta
Antonio, M.Syafi’I. 2001. Bank Syariah Dari Teori Ke Praktek. Gema Insani Press: Jakarta
Alamsyah.(2015). Eksistensi dan Nilai-Nilai Kearifan Komunitas Samin di Kudus dan Pati. Jurnal Ilmu Budaya, vol. 21, issue 1, pp. 63-74.
Badriyah, N., Siswanto, S., & Ishaq, I. (2020). Strategi Relational Benefit Terhadap Peningkatan Kepuasan Pelanggan Pada Alvira Mart Tikung Lamongan. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(1), 189-193.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Bank Indonesia. 2008. Undang-Undang No. 21 Tahun 2008: tentang Perbankan Syariah. Jakarta
Bank Indonesia. 2011. Peraturan No.13/23/PBI/2011: tentang Penerapan Manajemen Risiko Untuk BUS Dan UUS. Jakarta
Davidoff, L.L., (1981). Introduction to Psychology. McGraw-Hill, International Book Company, International Student Edition : Tokyo
Departemen Perbankan Syariah Otoritas Jasa Keuangan. 2020. Roadmap Perbankan Syariah Indonesia 2015-2019. Disseminasi Publikasi Laporan OJK. Yogyakarta.
DJ, Y. R. (2018). PENGARUH FAKTOR KEBERSIHAN, PENERANGAN DAN PERALATAN PRODUKSI TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN PADA CV SINAR BADJA ELECTRIC DI SURABAYA. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 3(3), 747-822.
DJ, Y. R. (2020). PENGARUH KETERAMPILAN DAN ETOS KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PADA CV MANDIRI TRANS DI SURABAYA. Media Mahardhika, 19(1), 16-20.
Ghozali. I. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi II. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Hardiansyah, H. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. (3rd ed.). Jakarta: Selemba Humanika
Hasan, Iqbal. 2006. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ike Sulaili Sofiyanti and Puji Handayati, (2020), “Etnomethodologi Analysis of Syari’a Manifestation in the Samin Tribe’s†in International Conference on Islam, Economy, and Halal Industry, KnE Social Sciences, pages 269–280. DOI 10.18502/kss.v4i9.7331
Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran 1: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Jakarta: Prenhallindo.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2. Jakarta: PT Prenhallindo
Kotler, Philip dan Gary Amstrong, 2003, Marketing An Introduction, sixth edition, Upper Saddle River, New Jersey: Prentice Hall.
Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.
Lubis, Z., Setiyawan, H., & Mukhadiroh, L. (2019). The Effect Of Consumer Motivation, Quality Perception, And Consumer Attitude To The Decision Of Purchase Of Honda Brand Motorcycle IN Lamongan district: The Effect Of Consumer Motivation, Quality Perception, And Consumer Attitude To The Decision Of Purchase Of Honda Brand Motorcycle IN Lamongan district. Jurnal Mantik, 3(3), 157-161.
Lubis, Z., Mauladi, K. F., & Irawan, M. R. N. (2020). PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DAN MENGADAPI PERSAINGAN (Studi Kasus Pada Gemilang Art Glass Di Modo). Media Mahardhika, 19(1), 59-70.
Muhammad. (2007). Pengantar Akuntansi Syariah (2nd ed.). Jakarta: Salemba Empat.
Munawaroh, Siti et al. 1995. Etnografi Masyarakat Samin di Bojonegoro. Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Yogyakarta. Yogyakarta.
Moskowitz, M.J., and Orgel, A.R., (1969). General Psychology : A Core Text in Human Behavior. Boston: Houghton Mifflin Company.
Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Permatadeny, Ary Nevita dan Zainal Arifin.2015. Perilaku, Karakterisitik, Persepsi Masyarakat Terhadap Bank Syariah di Eks Karesidenan Kediri. Jurnal Nusantara of Research Universitas Nusantara PGRI Kediri Volume 02. No.02, Oktober 2015
Rosyid, M. (2012). Perkembangan Komunitas Samin Di Kudus dan Perlawanannya Terhadap Program Pembangunan Irigasi Tahun 1986. (Thesis, Semarang, 2012).
Saputra, Dwi Angga et al. 2016. Analisis Pengaruh Pendidikan dan Faktor Sosial terhadap Pengetahuan Masyarakat Tentang Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Syari’ah Indonesia. Vol VI, No.1:12-22
Sari Y, Sumarwan U, Hosen N. 2015. Analisis Faktor-Faktor Preferensi Etnis Tionghoa Terhadap Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Al-Muzara’ah, Vol. 3, No. 1 Juni 2015 Institut Pertanian Bogor
Siregar, Mulya.Agenda Pengembangan Perbankan Syariah Untuk Mendukung Sistem Ekonomi yang Sehat di Indonesia : Evaluasi, Prospek, dan Arah Kebijakan. IQTISAD Journal of Islamic Economics ISSN 1411 – 013X Vol. 3, No. 1, Muharram 1423 H/Maret 2002 pp. 46-66
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Candra. 2008. Service Quality Dan Statisfaction. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta : Andi. Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. P.3.
Woodworth, R.S.and Marquis, D.G. (1957). Psycholog.Henry Holt and Company,New York
Yunus, H. S. 2010. Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Wawancara Kepala Desa Margomulyo Bpk. Nuryanto Tanggal 14 September 2020 di Kecamatan Margomulyo
Wawancara Koordinator Komunitas Adat Samin Dusun Jepang Bpk. Bambang Sutrisno Tanggal 14 September 2020 di Kecamatan Margomulyo