Facebook Marketplace Serta Pengaruhnya Terhadap Minat Beli

Authors

  • Sudung Simatupang Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
  • Efendi Efendi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
  • Debi Eka Putri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.30736/je.v22i1.695

Keywords:

Facebook, marketplace, minat beli

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh hadirnya facebook marketplace terhadap minat beli. Populasi dari penelitian adalah warga kota Pematangsiantar dengan menggunakan cluster sampling serta waktu penelitian dilakukan selama bulan Oktober 2020 dengan jumlah responden yang diperoleh 168 orang. Hasil data kuisioner dari penelitian dinyatakan valid, data reabilitas penelitian menunjukan hasilnya realiabel, data dalam penelitian berdistribusi normal, besar kemampuan variabel bebas facebook marketplace terhadap variabel terikat minat beli sebesar 60 %. Hasil penelitian terdapat pengaruh positif hadirnya facebook marketplace terhadap minat beli, karena ketika facebook marketplace meningkat kontribusinya maka minat beli juga akan meningkat

Author Biographies

Sudung Simatupang, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Efendi Efendi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan

Debi Eka Putri, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

References

Alwafi, F. and Magnadi, R. H. (2016) ‘Pengaruh Persepsi Keamanan, Kemudahan Bertransaksi, Kepercayaan Terhadap Toko Dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Situs Jual Beli Tokopedia.Com’, Diponegoro Journal of Management, 5(2), pp. 1–15. Availableat:https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/13857.

Andani, S. N. (2019) ANALISIS UPAYA PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA PRAKTIK JUAL BELI DI FACEBOOK MARKETPLACE. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA SURABAYA.

Anwar, R. and Adidarma, W. (2016) ‘Pengaruh Kepercayaan dan Risiko Pada Minat Beli Belanja Online’, Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 14(2), pp. 155–168. doi: 10.29259/jmbs.v14i2.3995.

Anwar, R. N. and Afifah, A. (2018) ‘Kepercayaan dan Keamanan Konsumen terhadap Minat Beli di situs Online (Studi Kasus pengunjung situs Lazada di Jakarta Timur)’, Jurnal Manajemen, 9(1), pp. 46–57. doi: 10.32832/jm-uika.v9i1.1316.

Bisma, M. A. and Pramudita, A. S. (2020) ‘Analisa Minat Pembelian Online Konsumen Pada Saluran Distribusi Digital Marketplace Online di Kota Bandung’, Competitive, 14(2), p. 36. doi: 10.36618/competitive.v14i2.617.

Brunn, P., Jensen, M. and Skovgaard, J. (2002) ‘e-Marketplaces: Crafting a winning strategy’, European Management Journal, 20(3), pp. 286–298. doi: 10.1016/S0263-2373(02)00045-2.

Budianto, W. (2019) Mengenal Lebih Dalam Fitur Marketplace, Idwebhost.com. Available at: https://idwebhost.com/blog/facebook-marketplace/ (Accessed: 15 November 2020).

Chef, Fat. (2020) Clone Worthy Script Features to Create P2P Handmade and Unique Goods Marketplace, Fatbit Techologies. Available at: https://www.fatbit.com/fab/clone-worthy-script-features-create-unique-p2p-handmade-goods-marketplace/ (Accessed: 15 November 2020).

Chiu, C.-M. et al. (2012) ‘Re-examining the influence of trust on online repeat purchase intention: The moderating role of habit and its antecedents’, Decision Support Systems, 53, pp. 835–845. doi: https://doi.org/10.1016/j.dss.2012.05.021.

DJ, Y. R. (2017). ANALISIS PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDY KASUS DI CV. LAMONGAN SPORTS CENTER). JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 2(3), 8-Halaman.

Dj, Y. R., & Safa’atillah, N. (2017). PENGARUH PELATIHAN BROADBRAND LEARNING CENTER (BLC) TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL (Studi Kasus di Wilayah Kecamatan Benowo Kota Surabaya). Prosiding SNasPPM, 2(1), 65-70.

Efendi, Y., Irawan, M. R. N., Attam, H. M., & Adlim, A. (2020). Analisis Faktor Internal Dan Faktor Eksternal Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Sebagai Pelanggan Tetap Di Toko Roti Athira Lamongan. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(2), 550-557.

Fahimah, M. and Mulyassatoh, E. M. (2019) ‘MINAT BELI PADA MARKETPLACE UNICORN DI INDONESIA : TOKOPEDIA DAN BUKALAPAK’, Jurnal Bisnis & Akuntansi, 9(1), pp. 1–12.

Farki, A., Baihaqi, I. and Wibawa, M. (2016) ‘Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Kepercayaan dan Minat Pembelian pada Online Marketplace di Indonesia’, JURNAL TEKNIK ITS, 5(2), pp. 614–619.

Ghofur, A., Badriyah, N., Zahro, E. K., & Kusumaningrum, A. (2020). Analisis Pengaruh Harga Barang, Promosi Dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Pupuk Organik Non Subsidi Pada CV Gunung Mas Gresik. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(2), 927-936.

Hutauruk, B. D., Naibaho, J. F. and Rumahorbo, B. (2017) ‘Analisis dan Perancangan Aplikasi Marketplace Cinderamata Khas Batak Berbasis Android’, Jurmal Methodika, 3(1), pp. 242–246.

Ichsan, M. et al. (2018) ‘Pengaruh Consumer Online Rating and Review Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Tokopedia Di Wilayah Dki Jakarta Effect of Consumer Online Rating and Review To Buying’, e-Proceeding of Management, 5(2), pp. 1828–1835.

Indrajit, R. E. (2002) Konsep dan Aplikasi E-Business. Edisi 1. Yogyakarta: Andi.

Karo, S. M. br (2020) Pengaruh Iklan Marketplace Terhadap Minat Bisnis Online (Terpaan Iklan TOKOPEDIA Versi “Mulai Aja Dulu†Terhadap Minat Bisnis Online Mahasiswa Komunikasi Universitas Pertamina). Jakarta.

Kim, D. J., Ferrin, D. L. and Rao, H. R. (2008) ‘A trust-based consumer decision-making model in electronic commerce: The role of trust, perceived risk, and their antecedents’, Decision Support Systems, 44(2), pp. 544–564. doi: 10.1016/j.dss.2007.07.001.

Ku, M. (2016) Introducing Marketplace: Buy and Sell With Your Local Community,Facebook.Com.Availableat:https://about.fb.com/news/2016/10/introducing-marketplace-buy-and-sell-with-your-local-community/ (Accessed: 15 November 2020).

Kusumawati, N. (2012) STUDY FUNGSI JEJARING SOSIAL FACEBOOK TERHADAP PENJUALANONLINE PADA KOMUNITAS LOLSHOES SHOP TAHUN 2011. UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA.

Lubis, Z., Mauladi, K. F., & Irawan, M. R. N. (2020). PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DAN MENGADAPI PERSAINGAN (Studi Kasus Pada Gemilang Art Glass Di Modo). Media Mahardhika, 19(1), 59-70.

Luthfiana, N. A. and Hadi, S. P. (2019) ‘Pengaruh Promosi Penjualan dan E-service Quality Terhadap Minat Beli Ulang (Studi pada Pembeli di Marketplace Shopee)’, DIPONEGORO JOURNAL OF SOCIAL AND POLITICAL, 8(1), pp. 1–7. doi: 10.14710/jab.v8i1.23767.

Maharizka, S. T. (2018) ‘Pengaruh Pemasaran Media Sosial dan Marketplace terhadap Minat Beli Konsumen pada Toko Produk Kecantikan di Sagara Volcanic Mud Mask di Bandung’, Prosiding Manajemen, 4(2), pp. 945–951.

Marketing (2020) Tren dan Peluang E-Commerce Indonesia di Tahun 2020, https://www.j-express.id/. Available at: https://www.j-express.id/tren-dan-peluang-e-commerce-indonesia-di-tahun-2020/69 (Accessed: 15 November 2020).

Mulyaningsih, S. D. (2015) Kenali Perbedaan Mendasar Website E-Commerce dan Marketplace, https://crocodic.com/. Available at: https://crocodic.com/kenali-perbedaan-mendasar-website-e-commerce-dan-marketplace/ (Accessed: 15 November 2020).

Putra, A. P. and Munir, S. (2017) ‘Pengembangan Aplikasi Web Market Place Jasa Rumah Tangga (Beresin)’, Jurnal Informatika Terpadu (JIT), 3(1). Available at:https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/JIT/article/view/96.

Putri, N. A. R. and Iriani, S. S. (2019) ‘Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian di Shopee’, Jurnal Komunika JurnalKomunikasi, Media dan Informatika, 8(2), pp. 69–77. doi: 10.31504/komunika.v8i2.2391.

Riyanto, A. D. (2020) Digital Marketing, Pendahuluan - Bisnis di Era Digital, Andi.Link. Available at: https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2020/ (Accessed: 28 November 2020).

Saputra, G. W. and Ardani, I. G. A. K. S. (2020) ‘Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian’, E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), pp. 2596–2620. doi: 10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p07.

Sugiyono (2018) Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhartini, Putri, D. E. and Candra, V. (2020) ‘Minat Beli Pelanggan Ditinjau Dari Aspek Harga Pada UD. Tunas Baru Kecamatan Bandar Hulu’, Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 3(2), pp. 446–452. doi: 10.36778/jesya.v3i2.224.

Wahyuningsih, R. (2016) 10 Media Online untuk Melakukan Promosi Bisnis, Cermati.com. Available at: https://www.cermati.com/artikel/10-media-online-untuk-melakukan-promosi-bisnis (Accessed: 11 December 2020).

Widiartanto, Y. H. (2016) Facebook Rilis ‘Marketplace’ untuk Jual Beli Online, Kompas.Com.Availableat:https://tekno.kompas.com/read/2016/10/04/07360087/facebook.rilis.marketplace.untuk.jual.beli.online# (Accessed: 15 November 2020).

Yustiani, R. and Yunanto, R. (2017) ‘Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi’, Jurmal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), 6(2), pp. 43–48.

Published

2021-03-20