ANALISIS FINANCIAL DISTRESS DENGAN MENGGUNAKAN METODE Z-SCORE (ALTMAN), SPRINGATE, DAN ZMIJEWSKI UNTUK MEMPREDIKSI KEBANGKRUTAN PERUSAHAAN ROKOK YANG TERDAFTAR DI BEI PADA TAHUN 2013-2016

Penulis

  • Eurike Fitria Prasandri Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpensi.v3i2.165

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara metode Altman Z-Score, metode Springate dan metode Zmijewski dalam memprediksi kebangkrutan perusahaan rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013-2016. Data yang digunakan berupa laporan keuangan yang telah diterbitkan oleh perusahaan di website Indonesian Stock Exchange. Sampel yang digunakan adalah perusahaan rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2013-2016. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan total sampel yang didapat sebanyak 4 perusahaan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa metode Zmijewski memiliki tingkat presentase kebangkrutan paling rendah dibandingkan dengan kedua metode lainnya yaitu sebesar 18,75 persen. Kedua metode tersebut memiliki tingkat presentase kebangkrutan yang sama yaitu sebesar 25,00 persen. Maka dari itu metode prediksi yang cocok untuk perusahaan rokok di Indonesia adalah metode Zmijewski guna menarik investor yang akan menanamkan sahamya.

 

Kata kunci :  Altman Z-Score, Kebangkrutan, Kesulitan Keuangan, Springate, dan Zmijewski.

Referensi

Kamal, ST Ibrah Mustafa.2012.Analisis Prediksi Kebangkrutan Pada Perusahaan Perbankan Go Public Di Bursa Efek Indonesia (dengan menggunakan Model Altman Z-Score).Makassar: Program Studi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

Nurcahyanti, Wahyu.2015.Studi Komparatif Model Z-Score Altman, Springate dan Zmijewski Dalam Mengindikasikan Kebangkrutan Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (online) https://www.google.co.id/?gws_rd=cr,ssl&ei=qNuNVuGEGs6DuwTQ3YHgBg# (diakses pada 10 April 2018)

Peter dan Yoseph.2011.Analisis Kebangkrutan Dengan Metode Z-Score Altman, Springate dan Zmijewski Pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk Periode 2005-2009.Jurusan Manajemen, Universitas Kristen Maranatha. Akurat Jurnal Ilmiah Akuntansi Nomor 04.

www.bentoelgroup.com

www.gudanggaramtbk.com

www.idx.co.id

www.sampoerna.com

www.wismilak.com

Unduhan

Diterbitkan

2018-06-25