PENGARUH BEBAN PAJAK, EXCHANGE RATE, TUNNELING INCENTIVE, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP KEPUTUSAN TRANSFER PRICING

Tunjung Tri Rahayu, Endang Masitoh Wahyuningsih, Anita Wijayanti

Abstract


 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa mengenai pengaruh beban pajak, exchange rate, tunneling incentive, profitabilitas dan leverage terhadap keputusan transfer pricing pada perusahaan manufaktur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015 sampai tahun 2018. Metode sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 25 perusahaan dengan periode pengamatan selama 4 tahun. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi logistik dengan software SPSS 22. Berdasarkan hasil dari uji regresi logistik dari lima hipotesis yang diuji hanya dua hipotesis yang didukung. Pajak dan profitabilitas berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing, sedangkan exchange rate, tunneling incentive, dan leverage tidak berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing.

Kata kunci: transfer pricing, pajak, exchange rate, tunneling incentive, profitabilitas, leverage


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Cahyadi, A. S., & N. N. (2018). Pengaruh Pajak, Exchange Rate, Profitabilitas, dan Leverage Pada Keputusan Melakukan Transfer Pricing. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana , Vol.24, 1441-1473.

Deanti, L. R. (2017). Pengaruh Pajak, Itangible Assets, Leverage, Profitabilitas, dan Tunelling Incentive Terhadap Keputusan Transfer Pricing Perusahaan Multinasional Indonesia . Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA) , 425-450.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Lanjutan Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hartati, W., Desmiyawati, dan, & Julita. (2014). Tax Minimization, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer Pricing Seluruh Perusahaan Yang Listing di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Simposium Nasional .

Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Kurniawan, M. S., B. P., & R. W. (2018). Pengaruh Pajak dan Tunneling Incentive Terhadap Tindakan Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Seminar Nasional , Buku 2.

Marfuah, M., & A. A. (2014). Pengaruh Pajak, tunneling incentive, dan exchange rate pada keputusan transfer pricing perusahaan. Indonesian Journal of Accounting and Auditing, 18 (2), 156-165 .

Marfuah, S., Nurlaela, S., & Wijayanti, A. (2018). Beban Pajak, Nilai Perusahaan, Exchange Rate, dan Transfer Pricing Pada Perusahaan Pertambangan. Jurnal Ekonomi Paradigma .

Mispiyanti. (2015). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer Pricing. Jurnal Akuntansi dan Investasi, 16 (1), pp.62-73 .

Ramadhan, M. R., & N. A. (2017). "Faktor-Faktor Penentu Agresivitas Transfer Pricing". Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Perbankan 14:1-28 .

Sarifah, D. A., Probowulan, D., & Maharani, A. (2019). Dampak Effective Tax Rate (ETR), Tunneling Incentive (TNC), Indeks Trend Laba Bersih (ITRENDLB), dan Exchange Rate Pada Keputusan Transfer Pricing Perusahaan Manufaktur. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika , Vol. 9.

Suandy, E. (2011). Perencanaan Pajak. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.30736%2F.v5i1.290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


In indexing by: