PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PERCETAKAN PENA KARYA KOTA BIMA

Penulis

  • muslima muslima Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Sri Ernawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima

DOI:

https://doi.org/10.30736/.v5i2.308

Abstrak

Penelitian ini bertujuan  mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen baik secara parsial maupun simultan pada Percetakan Pena Karya Kota Bima.  Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif, dengan sampel 100 responden konsumen Percetakan Pena Karya Kota Bima dengan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling . Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala pengukuran Likert. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, regresi berganda, korelasi berganda, uji asumsi klasik, uji t (parsial) dan uji F (simultan) dengan menggunakan program SPSS 20.00. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, Kualitas pelayanan tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, serta kualitas produk dan kualitas pelayanan secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen.

Referensi

Dolarslan, E. (2014(. Assessing the Effects of Satisfaction and Value on Customer Loyalty Behaviors in Service Environments. Management Research Review, 37 (8): 706-727

Hartono, Jogiyanto. (2010). Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-Pengalaman. Edisi Pertama. BPFE. Yogyakarta

Hidayat Rachmad (2009). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Nilai nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol 11 no 1 Hal 59-72

Irawan Deny & Japariantin Edwin (2013), Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Restoran Por Kee Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 1, No. 2, Hal 1-8

Kusumasasti Ika, Andarwati & Hadiwidjojo Djumilah (2017), Pengaruh Kualitas Produk Dan Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Coffee Shop. EKOBIS – Ekonomi Bisnis Vol. 22, No. 2 Hal 123 – 129

Kanta, S. (2014). A Study on Factors Influencing Service Quality in Restaurants. Pezzotaite Journals, 3 (2): 19-27

Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13 jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler & Keller. (2016). Marketing management. 15e, Boston, Pearson Education.

Lestari Puji Natalia & Hermani Agus (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Al-Zena Skin Care Pati Cabang Winong). Jurnal Ilmu administrasi Bisnis Vol 6 No 4.

Peng, N., & Chen., A. (2015). Diners’ Loyalty Toward Luxury Restaurants: The Moderating Role of Product Knowledge. Journal Marketing and Planning. 33 (2): 179-196

Sidi Purnomo Agus (2018) Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Digital Marketing Terhadap loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Kedai Hj.S Jl. Kesumba Kota Malang). Jurnal JIBEKA Volume 12, No 1, hal: 1 - 8

Tjiptono, Fandy. (2014), Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta

Unduhan

Diterbitkan

2020-06-18