ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PADA PENERIMAAN PREMI ASURANSI DI PT JASARAHARJA PUTERA

Penulis

  • Riza Pahlevi Audila Universitas Tidar Magelang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpensi.v5i3.353

Abstrak

Pengendalian intern merupakan suatu sistem dan prosedur yang diterapkan oleh manajemen perusahaan dalam rangka menjaga kekayaan perusahaan dari tindak kecurangan, pencurian, kesalahan baik disengaja maupun tidak, serta untuk mengecek keabsahan atau keakuratan dan keandalan dari suatu data akuntansi perusahaan, serta bertujuan untuk meningkatkan keefisiensian dari operasional perusahaan juga untuk mendukung dipatuhinya kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh pihak perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem pengendalian internal pada penerimaan premi asuransi di PT Jasaraharja Putera Perwakilan Magelang dan bagaimana sistem pengendalian  internal pada penerimaan premi asuransi yang efektif di Implementasikan oleh PT Jasaraharja Putera Perwakilan Magelang. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pengendalian internal pada penerimaan premi asuransi pada PT Jasaraharja Putera Perwakilan Magelang telah memadai hal ini dapat dibuktikan dengan adanya dokumen-dokumen yang digunakan, pihak-pihak yang terkait didalam proses penerimaan premi asuransi, serta proses berjalannya kegiatan penerimaan premi asuransi sebagian besar telah berjalan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) Perusahaan, tetapi masih terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki.

Referensi

Aulia Arnas, Y. T., & Ikbal, M. (n.d.). "Analisis Penerapan Pengendalian Intern Kas Pada PT Kaltim Nusa Etika (KNE) Di Bontang".

Indra Ningsih Katili, J. M., & Budiarso, N. S. (2017). "Evaluasi Penerapan Sistem Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Pada PT. CIPUTRA INTERNASIONAL Cabanb Manado". Jurnal Riset Akuntansi Going Concern.

Kabuhung, M. (2013). "Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Untuk Perencanaan Dan Pengendalian Keuangan Pada Organisasi Nirlaba Keagamaan". Jurnal EMBA.

Mahfiza. (2018). "Penerapan Sistem Pengendalian Intern Kas dan Implikasinya Terhadap Kewajaran Pengelolaan Kas". Jurnal Al-Buhuts.

Manoppo, R. M. (2013). "Analisis Sistem Pengendalian Intern Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Pada PT. Sinar Galesong Prima Cabang Manado". Jurnal EMBA.

Pakadang, D. (2014). "Evaluasi Penerapan Sistem Pengendalian Intern Penerimaan Kas Pada Rumah Sakit Gunung Maria Di Tomohon". Jurnal EMBA.

Putri, S. E. (2015). "Analisis Sistem Pengendalian Intern Terhadap Sistem Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Pada PT. Jasa Raharja (PERSERO) Kantor Perwakilan Bogor". Jurnal Akunida.

Rahman, Y. (2014). "Analisis Sistem Dan Prosedur Pengendalian Intern Penerimaan Kas Pada UD. Sumber Makiah Loktabat Banjarbaru". KINDAI.

Reika Happy Sugiastuti, M., & Dwiatmanto. (2014). "Analisis Sistem Dan Prosedur Pembayaran Klaim Kecelakaan Dalam Upaya Meningkatkan Pengendalian Intern (Studi Kasus pada PT.Jasa Raharja(Persero) Kantor Perwakilan Malang)". Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).

Sumarauw, M. F. (2013). "Evaluasi Sistem Dan Prosedur Akuntansi Atas Pembayaran Klaim Asuransi Kesehatan Pada PT. ASKES (PERSERO)". Jurnal EMBA.

Unduhan

Diterbitkan

2020-10-26