PENGARUH HARGA, LOKASI DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH DI PERUMAHAN MADE GREAT RESIDENCE KOTA LAMONGAN

Penulis

  • Luluk Nur Nur Azizah Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpim.v3i1.145

Abstrak

Pada zaman sekarang ini pertumbuhan penduduk di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Dengan meningkatnya penduduk, maka kebutuhan akan semakin beraneka ragam, salah satunya kebutuhan manusia yang mendasar adalah kebutuhan akan tempat tinggal atau rumah. Masalah tempat tinggal masih menjadi polemik, seperti permasalahan yang dihadapi oleh penduduk di perkotaan adalah kurangnya lahan perumahan yang mengakibatkan harga rumah atau tanah sangat tinggi dan sulit didapatkan. Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh harga, lokasi dan gaya hidup secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian rumah di Perumahan Made Great Residence di Kota Lamongan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah membeli rumah di Perumahan Made Great Residence di Kota Lamongan 100 orang. Metode pengambilan sampel adalah proporsional sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 orang / responden. Variabel bebas penelitian ini adalah harga (X1), lokasi (X2), gaya hidup (X3) dan keputusan pembelian (Y) sebagai variabel terikat. Uji instrumen dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara parsial (uji t) dan uji statistik secara simultan (uji F) dengan taraf signifikan α = 5%. Penganalisan data menggunakan program SPSS for windows versi 20. Hasil pengujian secara secara parsial menunjukkan variabel harga, lokasi dan gaya hidup memberikan pengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Sedangkan hasil pengujian simultan menunjukkan semua variabel berpengaruh terhadap keputusan pembelian rumah di Perumahan Made Great Residence di Kota Lamongan.

Referensi

Arikunto, Suharsini. 2006.Prosedur Penelitian : Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Asdi mahasatya.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Basu, Swastha dan Irawan, 2003. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty

Kotler, philip, 2005, Manajemen Pemasaran, jilid 1 & 2, Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Pengendalian, Prentice Hall, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Salemba Empat

Lupiyoadi, Hamdani. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa :Teori dan Praktek, Edisi Pertama, Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Unduhan

Diterbitkan

2018-02-18

Cara Mengutip

Azizah, L. N. N. (2018). PENGARUH HARGA, LOKASI DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH DI PERUMAHAN MADE GREAT RESIDENCE KOTA LAMONGAN. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 3(1), 621–626. https://doi.org/10.30736/jpim.v3i1.145