IMPLEMENTASI MASYARAKAT KAMPUNG PENGAMEN TRISNOMULYO MELALUI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (Studi Kasus Masyarakat Kampung Pengamen Trisnomulyo Kelurahan Sidoharjo Kecamatan Lamongan)

Penulis

  • Laily Chodariyanti Universitas Islam Lamongan
  • Muhammad Rizal Nur Irawan Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpim.v3i3.194

Abstrak

Pemberdayaan masyarakat merupakan proses untuk meningkatkan kemampuan dan sikap kemandirian masyarakat. Satu caranya adalah melalui proses pembelajaran. Hal inilah yang juga menjadi acuan Kemensos RI untuk menuntaskan kemiskinan melalui kegiatan Program Keluarga Harapan. Salah satu daerah yang mendapatkan pemberdayaan melalui  PKH dan menarik untuk disoroti adalah Kampung Trisnomulyo Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan. Kegiatan FDS dan KUBE mempunyai dampak positif bagi para KPM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan implementasi pemberdayaan masyarakat miskin melalui kegiatan program PKM. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara, observasi lapangan, dan dokumentasi. Fokus penelitian adalah pemberdayaan masyarakat miskin melalui kegiatan PKH di Kampung Trisnomulyo, dilihat dari tahap-tahap pemberdayaan di setiap tahunnya, Tahap Transformasi kemampuan berupa wawasan pengetahuan, Tahap Peningkatan Kemampuan Intelektual dan kecakapan keterampilan. Dari banyak hasil positif dalam proses pemberdayaan yang dilaksanakan, masih ada kekurangan yang menjadi catatan, yaitu kurangnya sarana penunjang dalam proses pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pemberdayaan yang dilakukan melalui kegiatan FDS dan KUBE di Kampung Trisnomulyo sudah baik, hanya kurang optimal. Penulis bisa memberikan saran, sebaiknya pelaksanaan FDS dan KUBE dilaksanakan bersamaan dengan program PKH saat pertemuan kelompok,, jumlah pendamping ditambah, sarana penunjang kegiatan harus mendapat dukungan lebih baik lagi, serta perlu diberikan dukungan financial dari Pemda setempat.

Kata Kunci : Family Development Session, Pemberdayaan 

Referensi

Fahrudin, Adi. Tanpa Tahun. Pemberdayaan Partisipasi & Penguatan Kapasitas Masyarakat. Bandung: Humaniora

Kartasasmita, Ginandjar. 1996. Pembangunan Untuk Rakyat; Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan. Jakarta. CIDES

Mardikanto dan Soebiato. 2013. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Prespektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Nazara, Suahasil. 2007. â€Pengentasan Kemiskinan : PilihanKebijakan dan program yangRealistisâ€. Dalam Warta Demografi tahun ke 37. No 4tahun 2007. Jakarta. LembagaDemografi Universitas Indonesia.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyani, Teguh Ambar . 2004. Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan. Yogyakarta: Gava Media

Suharto, Edi. 2010. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat “Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial & Pekerjaan Sosialâ€. Bandung:

http://www.tnp2k.go.id http://www.bps.go.id

Diterbitkan

2018-10-22

Cara Mengutip

Chodariyanti, L., & Nur Irawan, M. R. (2018). IMPLEMENTASI MASYARAKAT KAMPUNG PENGAMEN TRISNOMULYO MELALUI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (Studi Kasus Masyarakat Kampung Pengamen Trisnomulyo Kelurahan Sidoharjo Kecamatan Lamongan). JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 3(3), 747–822. https://doi.org/10.30736/jpim.v3i3.194