ANALISIS FAKTOR HAMBATAN BISNIS ONLINE TERHADAP PELAKU USAHA PENJUALAN BIBIT IKAN ( Study Kasus di Desa Buden Kec. Deket Kab. Lamongan )

Penulis

  • Sabilar Rosyad Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpim.v3i3.195

Abstrak

Penelitian ini memfokuskan permasalahan pada bagaimana analisis hambatan bisnis online bagi penjual bibit ikan yang ada di desa. buden. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Uses and Gratifications. Metode penelitian adalah metode penelitian kualitatif. Informan yang ditetapkan adalah 5 informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara terstruktur secara langsung.hasil penelitian yang ditemukan adalah masalah keterlambatan pengiriman dari supplyer. Solusi : Pembeli menyatakan estimasi waktu pengiriman serta kemungkinan keterlambatan pengiriman.. Masalah barang tidak sesuai ekspektasi pembeli. Solusi: Foto promosi suatu produk, khususnya produk bibit ikan, lebih baik untuk menggunakan jenis ikan, pengemasan, dan pengiriman sebagai foto promosi, karena lebih realistis dibandingkan foto promosi yang tidak menggunakan model. Masalah pengiriman tidak sesuai dengan alamat pembeli. Solusi: Jika seseorang ingin membeli suatu barang secara online, hendaknya ia mempelajari alamat lengkap tujuan pengiriman terlebih dahulu, untuk menghindari kesalahan pengiriman oleh pembeli. Masalah penipuan/barang tidak dikirim. Solusi: Mempelajari kinerja penjual online melalui respon-respon pelanggan yang biasanya tertera di halaman promosi penjual online. Ini juga dapat digunakan oleh penjual bisnis online, untuk menyediakan tempat bagi para pembeli untuk memberi respon yang dapat dibaca secara umum. Karena dengan respon-respon pembeli yang baik, dapat meningkatkan reputasi penjual online hingga lebih terpercaya. Yang menjadi saran atau masukan dalam penelitian ini adalah : penelitian ini masih perlu dilakukan pengembangan, oleh karena itu untuk penelitian mendatang terhadap e- commerce perlu dikaji lebih lanjut mengenai analisis hambatan bisnis online. kemudian untuk masyarakat, Khususnya pelaku usaha penjualan bibit ikan di desa buden, dapat mengkaji hasil penelitian ini sebagai pembelajaran sebelum melakukan bisnis online, baik itu sebagai penjual, reseller, maupun pembeli.

Kata Kunci : Analisis, Hambatan, Bisnis Online

Referensi

Candra Ahmadi dan Dadang Hermawan. 2013. E-Business & E-Commerce, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Suprapto P. 2009. Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Buku Kita. Jakarta. Indonesia..

Somad R, Priansa D.J. 2014. Manajemen Komunikasi: Mengembangkan Bisnis Berorientasi Pelanggan. Penerbit Alfabeta. Bandung. Indonesia.

Kartajaya, Syakir Sula. 2006. Syariah Marketing. Penerbit PT Mizan Pustaka, Bandung.

West R, Turner L.H. 2008 Pengantar Telekomunikasi. Edisi 3. Buku 1. Salemba Humanika. Jakarta. Indonesia..

Daryanto, Rahardjo M. 2015 Teori Komunikasi. Gava Media. Indonesia. Yogyakarta.

Purwanto D. 2006. Komunikasi Bisnis. Edisi Ketiga. Erlangga. Jakarta. Indonesia.

Sugiono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Pawito. Penelitian Komunikasi Kualitatif. LkiS. Yogyakarta. Indonesia. 2008.

Tersedia pada URLhttps://books.google.co.id/books?id=UfM33NzcHJsC. Akses 18 Mei 2017.

https://books.google.co.id/books/id=BBWuCwAAQBAJ. Akses 18 Mei 2017.

Resi P.O., Berto W.M., L. Titah. Identifikasi Permasalahan Komplain pada E- commerce Menggunakan Metode Fishbone. Jurnal Sains dan Seni ITS. 2017. Vol. 6:1. Hal 37-41

Unduhan

Diterbitkan

2018-10-22

Cara Mengutip

Rosyad, S. (2018). ANALISIS FAKTOR HAMBATAN BISNIS ONLINE TERHADAP PELAKU USAHA PENJUALAN BIBIT IKAN ( Study Kasus di Desa Buden Kec. Deket Kab. Lamongan ). JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 3(3), 747–822. https://doi.org/10.30736/jpim.v3i3.195