ANALISIS MANAJEMEN PENGELOLAAN PASAR TRADISIONAL GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN PEDAGANG KECIL (Studi Kasus Pasar KIRINGAN Desa Kemlagilor Turi Lamongan)

Penulis

  • Luluk Nur Azizah Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpim.v4i1.224

Abstrak

Pasar Tradisional adalah salah satu sarana pendukung untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat. pasar akan maju apabila pengelolaannya berjalan dengan baik, namun sebaliknya jika pengelolaan tidak berjalan dengan baik maka akan mengakibatkan kerugian, baik dalam pasar tersebut ataupun bagi mitra kerjanya. Pasar KIRINGAN merupakan pasar yang cukup terkenal di kecematan Turi kab Lamongan, namun pengelolaan di pasar tradisional KIRINGAN tergolong kurang baik. Penelitian ini dilakukan di Pasar Tradisional KIRINGAN Desa Kemlagilor Turi Lamongan bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pengelolaan di Pasar KIRINGAN dan apakah manajemen pengelolaan tersebut memiliki pengaruh terhadap pendapatan pedagang kecil mengenai manajemen pengelolaan Pasar KIRINGAN Desa Kemlagilor Turi Lamongan.

Populasi yang digunakan dalam penelitian sebanyak 200 orang, serta sampelnya dipilih berdasarkan metode persentase, dengan taraf persentase sebesar 20% sehingga sampelnya sebanyak 40  orang yaitu  3 dari aparatur Desa, 37 dari pedagang pasar KIRINGAN. Dari analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil penelitian yang menyatakan bahwa manajemen pengelolaan Pasar Tradisional KIRINGAN tergolong kurang baik jika dilihat dari aspek penyediaan infrastruktur, perbaikan sarana dan prasarana Pengelolaan yang kurang baik menimbulkan pengaruh terhadap pendapatan pedagang kecil.

Kata Kunci : Manajemen Pengelolaan, Pasar Tradisional, Pendapatan

 

Referensi

Djam’an Santori dan Aan Komariah, 2009,Metode Penelitian Kualitatif Bandung: Alfabeta

Fahri Hamzah, 2010, Negara, Pasar Dan Rakyat, Jakarta: Yayasan Faham Indonesia

Gregory Mankiw, 2000, Pengantar Ekonomi Jilid 2, Jakarta, Erlangga

George R. Terry, 2013, Dasar-Dasar Manajemen, Jakarta:PT Bumi Aksara

Jhonatan Sarwono, 2006,Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Yogyakarta: Graha Ilmu

Joko Subagyo, 2006,Metode Penelitian (dalam teori dan praktek), Jakarta: PT. Asdi Mahasatya, cetakan kelima

Kasmir, 2006, Kewirausahaan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

M. Arif Hakim, 2015, Peran Pemerintah Dalam Mengawasi Mekanisme Pasar Dalam Perspektif Islam, Stain Kudus, Penelitian Ilmiah Iqtishadia, Vol 8, No. 1 Malayu S.P

Hasibuan, 2005, Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah, Jakarta: PT Toko Gunung

Nahdliyul Izza, 2011, Pengaruh Pasar Modern Terhadap Perdagangan Pasar Tradisional,Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2012

Tentang Pengelolaan Dan Pemberdayaan Pasar Tradisioanal

Philip Kotler & A.B Susanto, 2000, Manajemen Pemasaran Di Indonesia analisis, Perencanaan, Implementasi Dan Pengendalian Jakarta: Salemba Empat, buku 1.

Satria, 2010, Pasar Modern Dan Pasar Tradisional, Jakarta: Rineka Cipta

Siswanto, 2012, Pengantar Akuntansi, Jakarta: Pt Bumi Aksara

Unduhan

Diterbitkan

2019-02-18

Cara Mengutip

Azizah, L. N. (2019). ANALISIS MANAJEMEN PENGELOLAAN PASAR TRADISIONAL GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN PEDAGANG KECIL (Studi Kasus Pasar KIRINGAN Desa Kemlagilor Turi Lamongan). JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 4(1), 823–831. https://doi.org/10.30736/jpim.v4i1.224