STRATEGI PEMASARAN ONLINE MENGGUNAKAN JUDY STRAUSS FRAMEWORK PADA PELAKU UMKM KOTA SURAKARTA DI ERA COVID 19

Khabib Alia Akhmad, Singgih Purnomo

Sari


Kondisi pandemik Covid-19 telah mengakibatkan berbagai sektor mengalami goncangan, khususnya berkaitan dengan kegiatan ekonomi. Hal ini juga berdampak pada para pelaku UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian suatu negara yang mengalami penurunan penjualan produk. Oleh sebab para pelaku UMKM perlu merubah strategi, diantaranya adalah dengan melakukan perubahan strategi penjualan. Adanya perkembangan teknologi, diantaranya internet dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan produk, menyebarkan informasi produk serta komunikasi antara penjual dan pembeli. Penelitian ini dilakukan untuk melihat sejauh mana keefektifan strategi pemasaran melalui pemanfaatan internet yang dapat dilakukan oleh pelaku UMKM di Kota Surakarta dikaitkan dengan Teori Judy Strauss Framework, sebuah kerangka rencana kerja yang mencakup perencanaan, penerapan dan evaluasi di dalam membangun sebuah pemasaran secara elektronik (E-marketing). Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui indept interview, observasi, wawancara terstruktur dan FGD. Teknik analisis dengan menggunakan bantuan analisis SWOT dan juga kajian Fenomenologis. Hasil yang didapatkan kegiatan pemasaran secara elektronik yang dilakukan oleh para pelaku UMKM di Kota Surakarta telah memiliki kesamaan dengan Strategic Planning yang dikemukakan oleh Judy Strauss dan Raymond Fisher, walapun di dalam pelaksanaan kegiatan pemasaran secara elektronik masih memiliki kendala, khususnya kemampuan penguasaan teknologi yang masih terbatas pada pelaku UMKM di Kota Surakarta.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daniel, E.M., & Grimshaw, D.J. (2002). An exploratory comparison of electronic commerce adoption in large and small enterprises. Journal of Information . Technology, 17(3), 133-14. https://doi.org/10.1080/0268396022000018409

Gibbs, Jennifer, Kraemer, Kenneth L. & Dedrick, Jason. (2003). “Environment and Policy Factors Shaping Global E-Commerce Diffusion: A Cross-Country Comparison”, The Information Society: An International Journal, 19:1, 5-18. https://doi.org/10.1080/01972240309472

Hakim, M.M. and Nurkamid, M., 2017. Model Adopsi UKM di Kudus Terhadap E-Commerce. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(1), pp.339-344. https://doi.org/10.24176/simet.v8i1.974

Hidayah, N., 2018. Analisis Strategi Digital Marketing Dalam Membantu Penjualan Living Space Dan Efo Store. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/10007

Kotler, P. and Armstrong, G., 2004. Principles of marketing. 14th. Boston: Pearson Prentice Hall, 24(613), p.97.

Kshetri, N. (2007)." Barriers to e-commerce and competitive business models in developing countries: a case study ", Electronic Commerce Research &Applications, Vol. 6 No. 4, pp. 443 – 452. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2007.02.004

Limthongchai, P., & M. Speece. (2003). The Effect of Perceived Characteristics of Innovation on E-Commerce Adoption by SMEs in Thailand. In: Proceedings of the Seventh International Conference on Global Business and Economic Development, Bangkok, Thailand, January 2003, pp. 1573-1585. https://doi.org/10.2139/ssrn.2565392

Mohammed, R., Fisher, R.J., Jaworski, B.J. and Paddison, G.J., 2004. Internet marketing. Auflage, New York.

Purwana, D., Rahmi, R. and Aditya, S., 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), pp.1-17. https://doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01

Strauss, J. and Frost, R., (2014). E-marketing. Pearson Education.

Strauss, J., Frost, R. and Ansary, A.I., (2009). E-marketing (Vol. 4). São Paulo: Pearson Prentice Hall.

Supardi, Julian. (2009). Rancang Bangun Collaborative System Pemasaran Hotel Secara on-line Dengan Pendekatan Mediator based. Jurnal Sistem Informasi Fasilkom Unsri Vol 1 No 2 15.




DOI: http://dx.doi.org/10.30736%2Fjpim.v6i2.754

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Terindeks pada :

 

 
      

 

 

Creative Commons License
JPIM (Jurnal Penelitian ilmu Manajemen) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.