STRATEGI PEMASARAN MELALUI COSTUMER RELATIONSHIP MARKETING “Studi Kasus RS Yasmin Banyuwangi 2019”

Penulis

  • Agus - Riyanto Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpim.v6i3.822

Kata Kunci:

Strategi, Pemasaran, Costumer Relationship Marketing

Abstrak

Banyak Rumah Sakit yang berdiri di Banyuwangi, RS Yasmin salah satu yang konsisten memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat baik dari dalam kota dan luar Banyuwangi. Penelitian melalui strategi pemasaran costumer relationship marketing memberikan jawaban di tahun 2019. Penelitian dilakukan melalui rancangan cross-sectional study laverage Y-LAKERS UP atas 7P (bauran pemasaran)  pengukuran dilakukan sebelum dan sesudah. Teknik analisis data pre test dan post test, paired t tes Analisis yang didapat Penilaian customer pada RS. Yasmin bingkai bauran pemasaran adanya peningkatan positif setelah menjadi anggota progam Y-LAKERS UP. Program tersebut efektif guna meningkatkan nilai dimensi costumer relationship marketing pada pelanggan terhadap RS Yasmin.

Referensi

Afif, F. (1995) Strategi Pemasaran. Penerbit Angkasa Jakarta.

Barata, Wisnu A.K. (2006) Analisis Leverage Diabetes Member Club Adi Husada (DMC – AH) Terhadap Pemanfaatan Produk Pelayanan Rumah Sakit (Berdasarkan Konsep Customer Relationship Marketing). Tesis Surabaya: Program Magister Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga.

Ferdinand,A.(2002)Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen, Edisi 2, Semarang: BP Universitas Diponegoro.

Hurriyati, R (2005) Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Fokus pada KonsumenKartu Kredit Perbankan. Bandung, Alfabeta

Istijanto. (2005) Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kartajaya, H. (2005) MarkPlus on Strategy. Jakarta, Penerbit PT Gramedia

Pustaka Utama.

Kotler, P. (1997) Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta Prenhallindo.

Kotler, P. (1999) Kotler On Marketing. How to Create, Win, and Dominate Market. New York, The Free Press.

Kottler, P. (2001) Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta, Penerbit Erlangga.

Kottler, P. (2003) Marketing Mangement. Prentice Hall.

Payne, A.(1993) The Essence of Services Marketing. Yogyakarta, Andi and Pearson Education Asia Pte. Ltd.

Sekaran (2003) Research Methods for Business: A Skill Building Approach. USA, John Wiley and Sons Inc.

Tjiptono, F. (1997) Strategi Pemasaran. Yogyakarta, Penerbit Andi Yogyakarta.

Tjiptono, F. (2005) Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.

Zainuddin, M. (2000) Metodologi Penelitian. Surabaya, Bahan Kuliah ProgramPascasarjana

Unduhan

File Tambahan

Diterbitkan

2021-10-31

Cara Mengutip

Riyanto, A. .-. (2021). STRATEGI PEMASARAN MELALUI COSTUMER RELATIONSHIP MARKETING “Studi Kasus RS Yasmin Banyuwangi 2019”. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 6(3), 227–240. https://doi.org/10.30736/jpim.v6i3.822