PENGARUH SELEBRITY ENDORSE TERHADAP MINAT PEMBELIAN KONSUMEN PADA KOSMETIK DAN SKINCARE MS GLOW DI LAMONGAN (Pengaruh Selebrity Endorse Terhadap Minat Pembelian Konsumen Pada Kosmetik Dan Skincare Ms Glow Di Lamongan )

Penulis

  • Erika Nurdiana Unisla

Abstrak

Abstrak

Pada penelitian ini digunakan metode kuantitatif yang mana jumlah populasi penelitian sejumlah 1353 kemudan ditarik sampe dengan rumus slovin ditemukan 93 responden,pengumpulan data mengunakan kuesionare dengan skala likert 5 point.alat uji analisis yang digunakan adalah uji validitas,reabilitas,uji regresi linier berganda,uji koefisien determinasi,uji t dan uji F.

Dari hasil uji t parsial diperoleh tHitung (X1) = 2,896 > tTabel = 1,993, tHitung (X2) = 3,737 > tTabel = 1,993 dan tHitung (X3) = 3,692 > tTabel = 1,993, Sehingga HO ditolak dan Ha ditrerima, yang artinya dari ketiga variabel (X) mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap variabel minat beli (Y) pada Kosmetik MS Glow Lamongan. hasil uji F diperoleh F hitung sebesar 22,802 sedangkan F tabel sebesar 3,124, karena F hitung ≥ F tabel maka Ho ditolak Ha diterima artinya bahwa variabel bebas (Keahlian,kepercayaan dan daya tarik) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat (minat beli).serta variable yang dominan adalah kepercayaan.Berdasarkan hasil penelitian maka pada penelitian ini mendukung hipotesis yang ada yang mana ada pengaruh parsial dan simultan.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Dewinta Sari, Ranis. Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen secara Online pada Media Sosial Instagram di Bandar Lampung. 2015

Djaali dan Muljono. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Penerbit Jakarta:PT.Grasindo. 2016.

Durianto, Darmadi & Liana Cecilia. Analisis Efektifitas Iklan Televisi “Softener Soft Fresh di Jakarta dan Sekitarnya Menggunakan Consumer Decision Model. NJurnal ekonomi perusahaan: Vol.11 No.1 ISSN:0854 – 8153. 2004.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. 2015.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: BP UNDIP, 2016.

Goldsmith, Ronald E., A. Lafferty, Barbara dan Newell, Stephen J. The Impact of Corporate Credibility and Celebrity Credibility on Consumer Reaction to Advertisement and Brands. Journal of Advertising, 2015

Kamins, Michael. Celebrity and Non-Celebrity Advertising in a Two-Sided Context. Journal of Advertising Research. 2016

Kotler, P. & Keller, K.L. Manajemen Pemasaran, Ed12. Jilid 2. Penerbit Jakarta: PT Indeks. 2006.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran. Penerbit Jakarta: Erlangga. 2009.

Kriyantono, Rachmat. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Penerbit Jakarta: Kencana. 2015.

Kuncoro, Mudrajad. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Penebirt Jakarta: Erlangga. 2013.

L. Rivers, William & Jay W. Jensen – Theodore Peterson. Media Massa Masyarakat Modern, Ed2. Kencana Prenada Media Group. 2008.

Lina Febriani Wahyu Utami (2019) degan judul Pengaruh Daya Tarik, Keahlian Dan Kepercayaan Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Kosmetik.Skripsi.Universitas Muhammadiyah Surakarta 2019

Livya Setiawan (2018) pengaruh celebrity endorsementterhadap purchase

intentiondengan brand awareness sebagai variabel mediasi pada produk green tea esprecielo allure. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 12, No. 1, April 2018, 53─60.

Louie, Therese A. dan Obermiller, Carl. Consumer Response to a Firm’s Endorser (Dis) Association Decisions. Journal of Advertising (31) (Winter) (4). 2015

Lucas, Darrel Blaine dan Stuart Henderson Britt. Advertising Psychology and Research, an Introductory Book. McGraw Hill Co. New York, Toronto-London. 2015.

Mahestu, Noviandra. Analisis Pengaruh Model Iklan Terhadap Perilaku Pembelian Remaja, Kasus pada Bintang AkademiFantasi Indosiar. Jurnal Nimana, 2006. Mandasari, Kartika. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen dalam Memilih Jasa Perhotelan (Studi Kasus pada Hotel GRASIA Bandung), Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro, 2011.

Muhrawani A, Ameliah. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Efektivitas Iklan AXIS

Natalia Junni Kalangi Lucky F. Tamengkel Olivia Walangitan (2019) Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Clear. Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 8. No. 1, 2019

Ohanian, Roobina. Construction and Validation of a Scale to Measure Celebrity Endorser’s Perceived Expertise, Trustworthinness, and Attractiveness. Journal of Advertising, 19 (3), 2016

Prisgunanto, Ilham. Komunikasi Pemasaran: Strategi dan Taktik. Penerbit Bogor:

Restu Oktafian), Endang Silaningsih (2015) dengan judul pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian kartu perdana XL di kota Bogor. Jurnal Visionida, Volume 1 Nomor 2, Desember 2015.

Royan, Frans M. Marketing Celebrities. Penerbit Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. 2015.

Schiffman dan Kanuk. Perilaku Konsumen. Edisi 7. Alih Bahasa: Zoelkifli Kasip. Penerbit Jakarta: Indeks. 2007.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-qur’an . Volume 11; Cetakan VII; Jakarta: Lentera Hati, 2017

Shimp, Terence A. Periklanan dan Promosi. Penerbit Jakarta: Erlangga. 2016.

Shimp, Terence A. Periklanan dan Promosi. Jakarta: Penerbit Erlangga. 2016.

Shimp, Terence A. Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Ed5. Jilid I. Penerbit Jakarta: Erlangga. 2015.

Simamora, Bilson. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Penerbit Surabaya: Pustaka Utama. 2015.

Sugiyono .Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RND). Penerbit Bandung: Alfabeta. 2017.

Sugiyono, Statistika untuk Penelitian. Penerbit Bandung: Alfabeta. 2017.

Sugiyono.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RND. Penerbit Bandung: Alfabeta. 2016.

Sulaeman, MM. & Harsono M. (2021). Supply Chain Ontology: Model Overview and Synthesis. Jurnal Mantik 5 (2), 790-799

Sulaeman, Moh.Muklis. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Komsumen Pada Merek Cardinal Di Ramayana Bungurasih Sidoarjo, JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen) 3 (3), 747-822

Sulaeman, MM. (2020). Sosialisasi Kewirausahaan dalam Upaya Peningkatan UMKM Desa Palangan Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat. Hal. 16-22

Sulaeman, MM. Et.al. (2022). Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Anggota Pengguna Jasa Koperasi Simpan Pinjam Artha Niaga Sentosa Surabaya. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS) 3 (4), 892-895

Sutisna. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Penerbit Bandung: Remaja Rosdakarya. 2015.

Swastha, Basu dan Irawan. Asas-asas Marketing. Penerbit Yogyakarta: Liberty. 2015.

Yanuar Widi Prabowo Suharyono Sunarti(2018) dengan judul pengaruh celebrity endorser terhadap minat beli (survei pada pengunjung 3second store di jalan soekarno hatta malang) The Journal : Tourism and Hospitality Essentials Journal, Vol. 8, No. 2, 2018 – 99

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-01

Terbitan

Bagian

Artikel