PENGARUH KUALITAS AUDIT DAN PROFESIONALITAS AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN PUBLIK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2018 – 2019

Penulis

  • Imas Adrian Mufith Unisla

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas audit dan profesionalitas audit terhadap manajemen laba pada perusahaan publik yang terdaftar di bursa efek indonesia (BEI). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, teknik pengambilan sampel dalam penelitain ini mengggunakan purposive sampling kepada jumlah perusahaan yang terdaftar di (BEI). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan publik dibidang pertanian yang terdaftar pada BEI selama 3 tahun dalam periode 2018-2019 yaitu berjumlah 23 perusahaan, sampel dalam penelitian ini adalah sebagian atau wakil populasi yang diteliti dengan jumlah 20 perusahaan. Data yang diperoleh dengan menggunakan metode dokumentasi. Dari hasil analisis regresi diketahui bahwa kualitas audit mempunyai pengaruh lebih besar daripada profesionalitas audit. Hal ini menunjukkan bahwa manajemen laba perusahaan publik Bursa Efek Indonesia telah memiliki kualitas audit laporan keuangan yang baik. Sedangkan dari sigfinikansi antara besarnya perubahan nilai manajemen laba dengan komposisi antara keduanya dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan. Hal ini berarti dalam melakukan manajemen laba dan manajer sebagai pengelolanya bergantung pada kualitas audit dan profesionalitas audit. Sehingga dengan mengembangkan kemampuan auditor dalam hal kualitas dan profesionalitas manajemen laba dalam perusahaan dapat dikendalikan dan tidak meningkat tajam.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Alichia, Yashinta Putri. 2013. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Opini Audit Tahun Sebelumnya Terhadap Opini Audit Going Concern (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia)â€. Skripsi/Tesis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Arikunto. 2017. Metode Penelitian Uji Reliabilitas. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Lughiatno, 2010. STIE Pelita Nusantara. Analisis Pengaruh Kualitas Audit Terhadap Manajemen Laba Studi Pada Perusahaan yang Melakukan IPO di Indonesia. Semarang.

Suwardjono, 2008. Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan, BPFE, Yogyakarta.

Manajemen Laba. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kristen Satya Wacana Vol.16, No.1 (2014)

Prayanto, Agus. 2008. Pengaruh Kepemimpinan dan Kecerdasan Emosi Terhadap Loyalitas Karyawan: Pada Koperasi “SAE†Pujon Malang. Malang: Universitas Islam Negeri Malang

Sri Sulistyanto, 2008, Manajemen Laba teori dan model empiris, Jakarta : Grasindo.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-01

Terbitan

Bagian

Artikel