PENGARUH DESAIN TAMPILAN, KEMUDAHAN, PENGALAMAN BERBELANJA DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DISITUS JUAL BELI ONLINE TOKOPEDIA.COM

Penulis

  • Ahmad Fani Rudianto Unisla

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh desain tampilan, kemudahan, pengalaman berbelanja dan kepercayaan konsumen terhadap minat beli konsumen disitus jual beli online tokopedia.com dan menganalisis variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi minat berbelanja konsumen di tokopedia.com.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif, Populasi dipenelitian ini adalah mahasiswa uniersitas islam lamongan tepatnya fakultas ekonomi angkatan 2017 yang pernah melakukan belanja online di tokopedia.com, sampel yang diambil sebanyak 80 responden  dari populasi sebanyak 400 mahasisawa dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan cara Sampling Purposive.

Berdasarkan perhitungan secara parsial yaitu dengan menggunakan uji t di ketahui t hitung untuk desain tampilan (X1) sebesar 2,888 > t tabel 1,992, kemudahan (X2) sebesar 3,591 > t tabel 1,992, pengalaman berbelanja (X3) sebesar 3,369 > t tabel 1,992, kepercayaan konsumen (X4) sebesar 3,228 > t tabel 1,992. Hal ini menunjukan bahwa variabel penelitian ini desain tampilan, kemudahan, pengalaman berbelanja, dan kepercayaan konsumen memberikan pengaruh signifikan dan positif terhadap minat beli. Untuk hasil pengujian hipotesis secara simultan diperoleh F hitung sebesar F hitung 135,171  > F tabel 2,49, yang artinya bahwa secara simultan desain tampilan, kemudahan, pengalaman berbelanja, dan kepercayaan konsumen memberikan pengaruh terhadap minat beli. Sedangkan variabel yang paling dominan disini adalah Dimana koefisien beta kepercayaan konsumen sebesar 0,448 dan nilai sig t sebesar 0,000 < a = 0,05, merupakan nilai tertinggi dari keempat variabel lainnya.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Anwar, R., & Adidarma, W. (2016) “ Pengaruh Kepercayaan dan Resiko Pada Minat Belanja Onlineâ€. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 14(2), 155-168.

Herdioko, J., & Widya,P.R. (2019). Analisis Pengaruh Sikap, Desain Tampilan, Dan Citra Situs Terhadap Minat Belanja Pada Situs Belanja Daring Tokopedia Di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Mulivariate dengan Program IBM SPSS 23. Edisi ke-8 Semarang: Universitas Diponegoro.

Sugiyono, (2013) Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharyadi dan Purwanto. S.K. 2016. Statistika Untuk Ekonomi Dan Keuangan Modern. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-01

Terbitan

Bagian

Artikel