STRATEGI PEMASARAN PRODUK GARMEN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Kasus Pada UD Daffi Hijab Style Lamongan)

Penulis

  • Arifani Ma'ruf Unisla

Abstrak

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan strategi pemasaran yang dilakukan oleh Daffi Hijab Style. Untuk mengetahui bagaimana cara promosi dalam meningkatkan penjualan produk-produk Daffi Hijab Style. Untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam strategi pemasaran Daffi Hijab Style. Seiring perkembangan zaman, fashion hijab semakin berkembang dan muncul designer-designer hijab yang semakin banyak. Dimulai dari designer yang tadinya bukan designer hijab hingga artis Indonesia yang masuk ke dalam dunia fashion dan menjadi designer hijab. Semakin banyak wanita Muslimah yang memakai hijab dimulai dari remaja hingga dewasa, dan tidak jarang anak-anak kecilpun juga. Karena sekarang dengan memakai hijab sudah tidak ada lagi kesan jadul atau tidak modis. Berbeda dengan jaman terdahulu, karena sudah banyaknya designer hijab yang bermunculan di Indonesia. Sehingga banyak model hijab yang sesuai dengan trend, kemajuan zaman dan dapat dikatakan trend fashion hijab zaman modern. Penerapan strategi pemasaran sangat berperan dalam meningkatkan penjualan pada Daffi Hijab Style. Dalam penerapan strategi pemasaran Daffi Hijab Style saat ini telah menerapkan empat komponen dalam teori strategi pemasaran yaitu segmentasi, targeting, positioning, dan diferentation. Memberi pelatihan bagi karyawan dalam menyampaikan produk secara online kepada konsumen dalam menjelaskan produknya.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2016. ManajemenPemasaran. PT Raja Grafindo Persada, Depok

Abdurrahman, Nana Herdiana. 2015. Manajemen Strategi. Pustaka Setia, Bandung.

Alma, Buchari dan Priansa Donni Juni. 2016. Manajemen Bisnis Syariah. Alfabeta, Bandung.

Aminah, Siti. 2018. Tinjauan Islam Terhadap Konsep dan Strategi Promosi Perusahaan Provider Telekomunikasi di Makassar. Skripsi. Makasar: Prodi Manajemen Universitas Islam Negeri Alauddin.

Anggito, Albi dan Setiawan, Johan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif, CV Jejak, Sukabumi

Daniel. 2020. Ruang Lingkup Manajemen Pemasaran. Ekonomi Manajemen (online) (https://ekonomimanajemen.com/ruang-lingkup-manajemen-pemasaran/), diakses 29 November 2020)

Dharmmesta, Basu Swata. 2016. Manajemen Pemasaran Edisi 2. Universitas Terbuka, Tanggerang Selatan.

Fitinline. 2019. Pengertian Industri Garment dan Istilah – Istilah Penting di dalamnya yang Perlu Anda Ketahui. Fitinline (online), (https://fitinline.com/article/read/pengertian-industri-garment-dan-istilah-istilah-penting-di-dalamnya-yang-perlu-anda-ketahui/), diakses 17 November 2020)

Hestanto. 2018. Pemasaran Menurut Para Ahli. Hestanto Personal Website (online), (https://www.hestanto.web.id/pemasaran-menurut-para-ahli/), diakses 24 November 2020).

Kotler,Philip. Keller,Kevin Lane. 2018. Manajemen Pemasaran, Erlangga, Jakarta

Maldina, Eriza Yolanda. 2016. Strategi Pemasaran Islami dalam Meningkatkan Penjualan Pada Butik Calista. Skripsi Palembang: Prodi Manajemen UIN Raden Fatah

Mirasaputri, Mega. 2017. Faktor-Faktor yang MempengaruhiPerkembangan Usaha Kecil Sektor Industri Pengolahan di Kota Malang. Jurnal riset Jibeka. Volume 11 : 74.

Nurcholidah, Lilik & Sulaeman, Moh Muklis (2021).â€Comparative Consumer Preception to Purchase Decision of Drinking Water in Pakedâ€.Journal of Humanities and Social Studies. Vol.5 No.3.

Yulia Evi, Nurcholidah Lilik, Riska Kurnia (2021). “Alternative Marketing Strategis of Traditional Drug in Facing the New Normal Era as The Impact of COVID 19. “Journal of Humaniora and Social Studies. Vol 5, No 3.

Putri Ramadhani. 2017. Perkembangan Fashion Hijab Indonesia yang Mendunia. Kompasiana (online), (https://www.kompasiana.com/putriramadhani/5886bf6fd27a617d0a28634c/perkembangan-fashion-hijab-indonesia-yang-mendunia?page=all), diakses 12 November 2020).

Sanjaya, Rendy Septi. 2017. Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Unit Usaha Aqiqah pada Laz Nurul Hayat Medan. Skripsi. Sumatra Utara: Prodi Manajemen Universitas Negeri Sumatra Utara.

Sayidah, Nur. 2018. Metodologi Penelitian. Zafatama Jawara, Sidoarjo

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran, Teori dan Implementasi. Andi, Yogyakarta.

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian. Alfabeta, Purwokerto.

Sulaeman, MM. & Harsono M. (2021). Supply Chain Ontology: Model Overview and Synthesis. Jurnal Mantik 5 (2), 790-799

Sulaeman, Moh.Muklis. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Komsumen Pada Merek Cardinal Di Ramayana Bungurasih Sidoarjo, JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen) 3 (3), 747-822

Sulaeman, MM. (2020). Sosialisasi Kewirausahaan dalam Upaya Peningkatan UMKM Desa Palangan Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat. Hal. 16-22

Sulaeman, MM. Et.al. (2022). Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Anggota Pengguna Jasa Koperasi Simpan Pinjam Artha Niaga Sentosa Surabaya. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS) 3 (4), 892-895

Sumanto. 2020. Teori dan Aplikasi Metodologi Penelitian, Andi, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2019. Strategi Pemasaran, Andi, Yogyakarta.

Tomy. 2019. Ruang Lingkup Pemasaran. Kotak Pintar (online), (https://kotakpintar.com/ruang-lingkup-pemasaran/), diakses 30 November 2020.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-01

Terbitan

Bagian

Artikel