PENGARUH PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Pada Genteng Super Klagen Lamongan)
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengenali secara parsial dan secara simultan mana vaiabel yang dominan dalam pengaruh pelayanan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada Kerajinan Genteng Super Klagen Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuantitatif, penelitian ini juga menggunakan sampel sebanyak 65 sampel, dengan menggunakan teknik Total Sampling. Sedangkan metode dalam pengumpulan data menggunakan kuisioner, wawancara, dan observasi, sedangkan analisis data yang digunakan yaitu menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, korelasi berganda, regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F.
Dari penelitian ini memperlihatkan bahwa hasil nilai uji t variabel pelayanan dan kualitas produk yang secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Dan dari hasil uji F memperlihatkan jika pelayanan dan kualitas produk secara siimultan memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsuemen. Dari persamaan regresi linier berganda didapat nilai variabel kualitas produk yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Kerajinan Genteng Super Klagen Lamongan.
References
DAFTAR PUSTAKA
Aan Noerdiansyah. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap
Peningkatan Penjualan di Marketplace Rumah
Milenial.Skripsi. Program Sarjana. Universitas Islam
Lamongan.
Ahmad, Nur Kholis. 2017. Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk
Songkok Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di
Kabupaten Lamongan (Studi Pada Kerajinan Songkok
UD. Putra ADM di Pengangsalan Kalitengah. Skripsi Lamongan. Program Sarjana Universitas Islam Lamongan. Bayu,
Sutrisna A S. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas
Pelayanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada
Starbucks. Volume 5. ISSN: 2461-0593.
Dita, Mita Saraswati. 2016. Analisis Pengaruh Kelengkapan Produk,
Kualitas Produk, Dan Citra Produk Terhadap Loyalitas
Konsumen Di Mitra Market Simo Sungelebak Karanggeneng
Lamongan. Skripsi Lamongan. Program Sarjana Universitas
Islam Lamongan.
Fatimatus Zahro. 2017. Faktor-Faktor yang Mmempengaruhi
Loyalitas Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Produk
Kosmetik Wardah di Awam Swalayan Kecamatan Sekaran
Kabupaten Lamongan.Skripsi. Program Sarjana. Universitas
Islam Lamongan.
Hetty Sri Wardani. 2015. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga
Terhadap Minat Beli Konsumen Muslim pada Jizah Boutique
Tlogosari Malang. Skripsi. Program Sarjana. Universitas Islam
Negeri Walisongo Semarang.
Nia, Rokh. 2018. Performa Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi,
dan GayaHidup Dalam Mempengaruhi Proses Keputusan
Pembelian Minuman Isotonik di Kota Semarang. ISBN: 978-
-3649-99-3.
Nurcholidah, Lilik & Sulaeman, Moh Muklis (2021).â€Comparative Consumer Preception to Purchase Decision of Drinking Water in Pakedâ€.Journal of Humanities and Social Studies. Vol.5 No.3.
Yulia Evi, Nurcholidah Lilik, Riska Kurnia (2021). “Alternative Marketing Strategis of Traditional Drug in Facing the New Normal Era as The Impact of COVID 19. “Journal of Humaniora and Social Studies. Vol 5, No 3.
Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Cetakan ke-27. Alfabeta.
Bandung.
Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Cetakan ketiga. Alfabeta.
Bandung.
Sulaeman, MM. & Harsono M. (2021). Supply Chain Ontology: Model Overview and Synthesis. Jurnal Mantik 5 (2), 790-799
Sulaeman, Moh.Muklis. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Komsumen Pada Merek Cardinal Di Ramayana Bungurasih Sidoarjo, JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen) 3 (3), 747-822
Sulaeman, MM. (2020). Sosialisasi Kewirausahaan dalam Upaya Peningkatan UMKM Desa Palangan Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat. Hal. 16-22
Sulaeman, MM. Et.al. (2022). Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Anggota Pengguna Jasa Koperasi Simpan Pinjam Artha Niaga Sentosa Surabaya. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS) 3 (4), 892-895
Yanti Lesmono. 2017. Bab II Kajian Pustaka dan Hipotesis
Penelitian. (Online). (menurut-kotler-dan-armstrong-2019-
-produk-adalah-segalasesuatu yang- dapat.html), di
akses pada 23 Oktober 2020.