PENGARUH SERVICE QUALITY DAN RELATIONSHIP QUALITY TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI BENGKEL AHASS MITRA MOTOR HONDA LAMONGAN

Penulis

  • Karina Dwi Wulandari Unisla

Abstrak

Abstrak

Latar belakang penelitian ini memberikan gambaran kebutuhan masyarakat terhadap sarana transportasi menjadi kebutuhan yang sanggat penting dan yang paling diminati sepeda montor. Bengekel motor sangat di perlukan oleh para pengguna sepeda motor agar alat transportasi mereka tidak rusak. Dengan berkembangnya berbagai tempat servis  dituntut memberikan pelayanan yang baik berbagai fasilitas dan keunggulan masing-masing, saling bersaing dengan strategi pemasaran yang tepat guna mencapai target yang telah direncanakan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh service quality dan relationship quality terhadap loyalitas konsumen berpengaruh secara parsial, simultan dan dominan di Bengkel Ahass Mitra Motor Honda Lamongan.

Hasil penelitian dari analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan   Y = 1,647 + 0,327 X1 + 0,558 X2 + e. Maka berdasarkan nilai koefisien standart beta yang paling dominan adalah 0,558 X2sehingga variabel bebas (X) Relationship Quality (X2) lebih dominan mempengaruhi loyalitas konsumen di Bengkel Ahass Mitra Motor Honda Lamongan.  Hasil uji t dihasilkan  X1 = 2,943>1,298 dan  X2 = 5,350>1,298 menyatakan bahwa Service Quality (X1) dan Relationship Quality (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen (Y). uji simultan dihasilkan Fhitung > Ftabel (53,513>3,19). Dapat diketahui uji F berpengaruh signifikan antara Service Quality (X1) dan Relationship Quality (X2) secara silmutan terhadap variabel terikat yaitu loyalitas konsumen.

Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa servic quality dan relationship quality berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas konsumen dapat dilihat dari thitung > ttabel. Servic quality dan Relationship quality secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dapat dilihat dari hasil Fhitung > Ftabel dan Relationship Quality mempunyai pengaruh lebih dominan terhadap loyalitas konsumen.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta :

Rineka Cipta.

Atmawati, R., & Wahyuddin, M. (2013). Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Matahari Departement Store di Solo Grand Mall. Jurnal : 1928-0128; 1926-0136, 94. ( di akses 21 Oktober 2020 ).

Batubara, S. (2019). Pengaruh Relationship Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Bengkel Reza Motor Panyambungan. Jurnal ESTUPRO, 4(2), 22-33. ( di akses 23 Oktober 2020 )

Bulan, T. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Agen Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan,5(2), 592-602. ( di akses 21 Oktober 2020 )

CH Huang, “The Impact of Relationship Quality on Customer Loyaltyâ€, Journal of Contemporary Management, (2012) , ISSN : 1929-0128; 1929-0136, 98. ( di akses 22 Oktober 2020 ).

Christina Widya Utami. 2014. Manajemen Ritel. Jakarta : Salemba Empat.

Danastri, M. 2017. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi kasus pada konsumen AHASS Rahayu Motor Yogyakarta). Jurnal Manajemen Pemasaran. ISSN 2614 – 2141 ( di akses 22 Oktober 2020 ).

Edy, Sutrisno. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Kencana Perenda Media Group.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta : Universitas Diponegoro.

Kotler dan Armstrong. 2010. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi ke 12. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, K. 2012. Manajemen Pemasaran 1.Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P & Keller, K.L. 2010. Perinsip – Perinsip Pemasaran Jilid I Edisi 12. Jakarta Erlangga.

Kotler, P & Keller, K.L. 2012. Perinsip – Perinsip Pemasaran Jilid I Edisi 12. Jakarta:Erlangga.

Kotler, Philip, dan Armstrong, Gary. 2016. Principles of Marketing 16th Edition. England. Pearson.

Lovelock, Chistopher. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa : PT Indeks kelompok Gramedia, Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa : Berbasis Kompetensi Edisi III. Salemba Empat, Jakarta.

Lupiyoadi. 2013, Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktik. Jakarta : UI Press.

Nurcholidah, L. & Sulaeman, MM. (2018). Comparative Consumer Perceptions To Purchase Decisions Of Drinking Water In Packed Brand Le Mineral And Aqua In Tikung, Lamongan Regency. JHSS (JOURNAL OF HUMANITIES AND SOCIAL STUDIES) 5 (3), 268-271

Rahmat, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen PT. Hero Supermarket TBK. Cabang Giant Ekstra Metropolitan City Panam Pekanbaru. Jurnal Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 9(4), 327-335. ( di akses 21 Oktober 2020 )

Ruswaji, Sulaeman, MM. (2021). Development And Innovation Of Sendang Batik Design And Motivation During The New Normal Time With Siwalan Leaf And Fruit Motif. JHSS (Journal Of Humanities And Social Studies) 5 (3), 326-329

Santoso, Slamet. 2013. Statistika Ekonomi Plus Aplikasi SPSS. Ponorogo : Umpo Press.

Soetomo. 2014. Strategi Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Cv Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Cv Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Cv Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Cv Alfabeta.

Sulaeman, MM. & Harsono M. (2021). Supply Chain Ontology: Model Overview and Synthesis. Jurnal Mantik 5 (2), 790-799

Sulaeman, Moh.Muklis. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Komsumen Pada Merek Cardinal Di Ramayana Bungurasih Sidoarjo, JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen) 3 (3), 747-822

Tjiptono, Fandy. 2010. Manajemen Jasa. Yogyakarta :Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta : Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta : Andi Offset.

Vina, A. (2020). Pengaruh Relationship Quality (Kepercayaan, Kepuasan, Dan Komitmen) Terhadap Loyalitas Anggota KSPPS Surya Utama Nusantara Majenang (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto). Jurnal : 1925-0128; 1923-0136, 96. ( di akses 23 Oktober 2020 )

Wijaya, Toni. 2011. Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta : PT Index.

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-01

Terbitan

Bagian

Artikel