PENGARUH HARGA, KERAMAHAN KARYAWAN, DAN VARIASI BARANG TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (STUDI KASUS DI AWAM SWALAYAN NGIMBANG)

Penulis

  • Lailiya Mahmudah Unisla

Abstrak

Abstrak

Pesatnya perkembangan perekonomian saat ini diikuti juga berkembangnya berbagai tempat berbelanja modern. Untuk itu kita sebagai salah satu penerus generasi bangsa harus mengetahui faktor apa saja yang dapat memperkuat persaingan di dalam bidang perdagangan ini. Untuk itu riset ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, keramahan karyawan dan variasi barang terhadap loyalitas konsumen di Awam Swalayan Ngimbang.

Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dan menggunakan metode pengambilan sampel dengan metode  simple random sampling yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 67 responden yang dihitung menggunakan rumus Slovin.

Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi berganda, uji regresi linier berganda, uji koefesien determinasi, uji t dan uji F. Hasil analisis regresi linier berganda Y= -10,719+0,802 + 0,561 + 0,362 – e. Berdasarkan hasil uji F (simultan) diperoleh  sebesar 32,821 dengan tingkat sig. Sebesar 0,000. Pada taraf nilai signifikan  = 0,05  dan = 2,75. Berdasarkan pernyataan tersebut  yaitu sebesar 32,821 > 2,75 dengan sig. (0,000 < 0,05)   yang artinya dari variabel Harga, Keramahan Karyawan dan Variasi Barang berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen Loyalitas Konsumen di Awam Swalayan Ngimbang. Karena  yaitu sebesar 32,821 > 2,75 dengan sig. (0,000 < 0,05). Dari hasil uji t diperoleh variabel harga (4,355), keramahan karyawan (4,747), variasi barang (2,311) sedangkan sebesar (1,669). Dari ketiga variabel yang artinya variabel independet harga, keramahan karyawan dan variasi barang berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen.

Dari hasil uji t (parsial) Koefesien variabel harga = 0,802, Keramahan karyawan = 0,561 dan Variasi barang = 0,362 .Variabel yang memiliki pengaruh lebih besar atau yang paling dominan terhadap loyalitas konsumen adalah variabel Harga (X1)  yang memiliki nilai koefesien 0,802 yang berarti hipotesis ketiga terbukti kebenaranya yaitu variabel Harga (X1) yang berpengaruh paling dominan terhadap loyalitas konsumen di Awam Swalayan Ngimbang.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Kotler, Philip. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Kotler, P. dan Armstrong, G. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, Agus Wachid. 2016. Pengaruh Keragaman Produk Dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Swalayan (Studi Kasus Konsumen Indomaret Jalan Raya Tambakboyo Lamongan). Lamongan: Skripsi Program pascasarjana UNISLA.

Nurhayati, Riski. 2011. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran†Yogyakarta Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis angkatan 2009 pengguna Handphone Merek Nokia). Yogyakarta: Skripsi UPN Veteran. (Diakses 24 Oktober 2020).

Saputri, Rini Sugiarsih. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Semarang. Journal Of Strategic Communication. Vol 10, No. 1, Hal. 46-53. (Diakses 16 Januari 2021)

Saraswati, Dia Mita. 2016. Analisis pengaruh faktor kelengkapan produk, kualitas produk, dan citra produk terhadap loyalitas konsumen pada mitra market simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan. Lamongan: Skripsi program pascasarjana Universitas Islam Lamongan.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Edisi 3. Bandung: ALFABETA. ISBN: 978-602-289-322-6.

Sujarweni, Wiratna. 2015. Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sulaeman, MM. & Harsono M. (2021). Supply Chain Ontology: Model Overview and Synthesis. Jurnal Mantik 5 (2), 790-799

Sulaeman, Moh.Muklis. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Komsumen Pada Merek Cardinal Di Ramayana Bungurasih Sidoarjo, JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen) 3 (3), 747-822

Sulaeman, MM. (2020). Sosialisasi Kewirausahaan dalam Upaya Peningkatan UMKM Desa Palangan Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat. Hal. 16-22

Sulaeman, MM. Et.al. (2022). Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Anggota Pengguna Jasa Koperasi Simpan Pinjam Artha Niaga Sentosa Surabaya. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS) 3 (4), 892-895

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-01

Terbitan

Bagian

Artikel