ANALISIS PENGARUH TOTAL QUALITY MANAJEMENT (TQM) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDY KASUS PADA KANTOR POS CABANG KECAMATAN MODO KABUPATEN LAMONGAN)

Penulis

  • Siti Mei Fia Musyarofah Unisla

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fokus pada pelanggan, obsesi terhadap kualitas dan kepuasan pelanggan secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pelanggan. Serta untuk mengetahui variabel mana yang berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan pelanggan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik total sampling dengan jumlah sampel 54. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t dan uji F. Dari hasil analisis regresi linier berganda diketahui variabel fokus pada pelanggan mempunyai nilai yang paling tinggi atau dominan dibandingkan dengan variabel lainnya. Sedangkan untuk uji t diperoleh hasil perhitungan  thitung > ttabel  yang berarti variabel bebas berpengaruh secara parsial terhadap variabel terikat.Dan hasil uji F diperoleh nilai Fhitung > Ftabel sehingga variabel bebas berpengaruh secara simultan terhadap variabel terikat.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Andriyanto. 2011. Variabel Total Quality Manajement (TQM)Terhadap kepuasan Pelanggan di PLN Cabang. Makasar. UNHAS. Makassar.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta : Jakarta

Ayu, Novita Suhardiningrum.2017. Analisis Pengaruh Faktor kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. POS INDONESIA cabang lamongan. Skripsi Lamongan. Universitas Islam Lamongan. (Di akses bulan November 2020)

Bintoro & Daryanto,2017. Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan, Penerbit Gaa Media, Yogyakarta.

Chairany, Nurul dan Wahuni Lestari P. 2011, PengaruhTotal Quality Management (TQM) TerhadapKinerja Perusahaan Melalui Kepemimpinan dan Perilaku Produktif Karyawan,, Jurnal, Makassar: FT Universitas Hassanuddin.

Citraluki, Jaeoline.2016. Pengaruh Penerapan Total Quality Management (TQM) Terhadap kepuasan Pelanggan pada Indomaret Sekecamatan Kartasura. Skripsi Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta. (Di akses bulan November 2020)

Doneli,err.2018. Penngaruh Total Quality Manajemen(TQM) Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Garden Gazebo Restaurant Purawisata Yogyakarta, Skripsi, Yogakarta. Universitas Islam Indonesia. (Di akses bulan November 2020)

Diana A., dan Tjiptono.F 2015. Total Quality Manajement. Edisi Revisi. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Ghozali, imam. 2013. Aplikasi analisis multivariate dengan program 20. Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Herlambang, Susatyo. 2014. BasicMarketing (Dasar-dasar Marketing) Cara Mudah Mudah Memahami Ilmu Pemasaran. Gosyeng Publishing, Yogakarta.

Harbani, Pasolong.2010. Manajemen Kepemimpinan. Bandung: C.V alfabeta.

Kotler, Philip, dan Kevin, Lane Keller.2010. Manajemen Pemasaran. Edisi ke-2. Erlangga. Jakarta.

Nasution.2010. Management mutu terpadu (Total Quality Manajement). Jakarta : Gralia Indonesia.

Nasution, M.N 2015. Management mutu terpadu (Total Quality Manajement). Edisi 3. Bogor. Gralia Indonesia.

Novalia, N,. Astutik, N., & Panjaitan, F. 2018. Analisis Pengaruh Total Quality Manajement (TQM) Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus di Hotel Grand Mutiara Pangkalpinang). Jurnal Progresif Manajemen Binis.

Mahami, Cahaya. 2015. Pengaruh Total Quality Manajement (TQM) dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Hotel Sala View Surakarta, Jurnal Universitas Muhammadiah Surakarta. (Di akses bulan November 2020)

Sugiyono. 2010. Statistic untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif. Kualitatifdan R&D) Penerbit CV. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Analis Alat Uji Variabel Kuantitatif. PT Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. PT Alfabeta. Bandung.

Sulaeman, MM. & Harsono M. (2021). Supply Chain Ontology: Model Overview and Synthesis. Jurnal Mantik 5 (2), 790-799

Sulaeman, Moh.Muklis. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Komsumen Pada Merek Cardinal Di Ramayana Bungurasih Sidoarjo, JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen) 3 (3), 747-822

Sulaeman, MM. (2020). Sosialisasi Kewirausahaan dalam Upaya Peningkatan UMKM Desa Palangan Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat. Hal. 16-22

Sulaeman, MM. Et.al. (2022). Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Anggota Pengguna Jasa Koperasi Simpan Pinjam Artha Niaga Sentosa Surabaya. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS) 3 (4), 892-895

Tjiptono, Fandy. 2010. Total Qualit Management. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2010. Management Jasa. Edisi kedua. Yogyakarta : Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. C.V Andi Offset. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi ke-4. C.V Andi Offset. Yogyakarta

Yamit, Zulian. 2010. Manajemen kualitas produksi dan Jasa. Edisi Kesatu. Ekonisia: Yogyakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-01

Terbitan

Bagian

Artikel