PENGARUH WORD OF MOUTH, DIGITAL MARKETING DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE REALME

Penulis

  • Nur Habibi Ihya Unisla

Abstrak

Abstrak

Kebutuhan akan komunikasi adalah hal yang sangat penting bagi setiap kalangan masyarakat. Kebutuhan tersebut berdampak pada meningkatnya permintaan akan berbagai jenis alat komunikasi yang mengakibatkan semakin banyaknya persaingan dalam dunia bisnis dibidang telekomunikasi salah satunya adalah Realme, smartphone ini sangat menarik perhatian karena dalam waktu yang sangat singkat penjulannya sangat bagus dan berhasil menjadikan realme sebagai merek smartphone paling berkembang di dunia.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.sampel yang digunakan berjumlah 100 responden. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas ,uji regresi linier berganda, uji korelasi berganda, uji asumsi klasik, uji koefiensi determinasi, uji t,dan  uji F.

Berdasarkan hasil perhitungan uji t bahwa Word Of Mouth  7,312>1,985 Digital Marketing  4,732>  1,985, Harga 3,816> 1,985, ketiga variabel bebas tersebut secara persial berpengaruh terhadap variabel terikat. Hasil uji F hitung> F tabel yaitu (88,559 >3,091) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Ketiga variabel bebas tersebut secara simultan berpengaruh terhadap variabel terikat. Hasil uji regresi linier berganda Y= -1,053 + 0,487 X1+ 0,193 X2  + 0,350 X3. Maka yang paling dominan adalah Word Of Mouth  (X1).

Berdasarkan hasil pengolahan data, diketahui bahwa bahwa Word Of Mouth, Digital Marketing, Harga secara persial berpengaruh terhadap Keputusan pembelian. dan diketahui bahwa bahwa Word Of Mouth, Digital Marketing, Harga secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan pembelian.dan diketahui bahwa variabel yang paling dominan adalah Word Of Mouth.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Afrina Yasmin, Sadia Tasneem, Kaniz Fatema. 2015. Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age.

Aryatilandi, S, Ramdan, A.M, Sunarya, E. 2020. Analisis Word Of Mouth Dan Brad Image Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Di Kota Sukabumi.

Arianto, N. Geovanni. 2020. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian.

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/15/pengguna-smartphone-diperkirakan-mencapai-89-populasi-pada-2025 di akses pada 2020.

https://www.realme.com/id/brand di akses pada 12 juni 2021

Joesyiana, Kiki. 2018. Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada media online shop shopee di pekanbaru.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran : Analisis Perencanaan,

Implementasi dan Pengendalian, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip, Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1,Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip and Keller, 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 edisi ke 13. Jakarta.

Nurcholidah, L. & Sulaeman, MM. (2018). Comparative Consumer Perceptions To Purchase Decisions Of Drinking Water In Packed Brand Le Mineral And Aqua In Tikung, Lamongan Regency. JHSS (JOURNAL OF HUMANITIES AND SOCIAL STUDIES) 5 (3), 268-271

Ruswaji, Sulaeman, MM. (2021). Development And Innovation Of Sendang Batik Design And Motivation During The New Normal Time With Siwalan Leaf And Fruit Motif. JHSS (Journal Of Humanities And Social Studies) 5 (3), 326-329

Tjiptono, Fandy Ph.D., dan Anastasia Diana. (2016). Pemasaran Esensi & Aplikasi.CV.ANDI OFFSET:Yogyakarta.

Wulanda, N. Wahab, Z. dan Widad, A. 2019. Pengaruh Harga, Word Of Mouth dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian dalam memilih Event Organizer (Studi kasus di UN Produktion)

Yosevina, Christina. (2008). Word Of Mouth Bukan Sekedar Ngerumpi.PMPM. Vol 11.No.4, hal 5-13

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-01

Terbitan

Bagian

Artikel