ANALISIS PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK NATA DE COCO (Studi Kasus Cahaya Nata Lamongan)

Authors

  • Rivaldi Septian adinata Unisla

Abstract

Abstrak

Dalam penelitian ini penulis mengambil variabel bebas kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek dan loyalitas merek untuk digunakan sebagai acuan terhadap keputusan pembelian konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel bebas tersebut mempengaruhi secara parsial maupun simultan terhadap variabel terikat dan untuk yang digunakan dalam penarikan sampel yaitu berdasarkan teknik sampling jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 57 responden. Setelah itu dilakukan analisis data kuantitatif uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier berganda, korelasi berganda, uji determinasi, uji t, dan uji F dengan hasil tiap variabel dinyatakan valid dan reliable. Dari hasil uji t diperoleh t hitung variabel Kesadaran Merek X1 sebesar 2,391 > 2,007 Persepsi Kualitas X2 3,142 > 2,007 Asosiasi Merek X3 3,844 > 2,007 Loyalitas Merek 2,303 > 2,007. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada Cahaya Nata Lamongan adalah Asosiasi Merek.

References

DAFTAR PUSTAKA

Fajar, Laksana, (2015). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Fathur. (2019). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Memilih Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening. Kompetensi, Vol 13, No 1, 44-45.

Fandy Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, And

Magenta. (2015). Membangun Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan . Diponegoro Journal Of Management Vol 4, No 1., 1-12.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2012), Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Nurcholidah, L. & Sulaeman, MM. (2018). Comparative Consumer Perceptions To Purchase Decisions Of Drinking Water In Packed Brand Le Mineral And Aqua In Tikung, Lamongan Regency. JHSS (JOURNAL OF HUMANITIES AND SOCIAL STUDIES) 5 (3), 268-271

Ruswaji, Sulaeman, MM. (2021). Development And Innovation Of Sendang Batik Design And Motivation During The New Normal Time With Siwalan Leaf And Fruit Motif. JHSS (Journal Of Humanities And Social Studies) 5 (3), 326-329

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV

Sulaeman, MM. & Harsono M. (2021). Supply Chain Ontology: Model Overview and Synthesis. Jurnal Mantik 5 (2), 790-799

Sulaeman, Moh.Muklis. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Komsumen Pada Merek Cardinal Di Ramayana Bungurasih Sidoarjo, JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen) 3 (3), 747-822

Sulaeman, MM. (2020). Sosialisasi Kewirausahaan dalam Upaya Peningkatan UMKM Desa Palangan Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat. Hal. 16-22

Sulaeman, MM. Et.al. (2022). Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Anggota Pengguna Jasa Koperasi Simpan Pinjam Artha Niaga Sentosa Surabaya. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS) 3 (4), 892-895

Published

2022-01-01

Issue

Section

Artikel