PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA CV. BOGA LESTARI

Penulis

  • Ineke Chintya Novalia1

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada CV. Boga Lestari Lamongan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Metode analisis data menggunakan alat analisis uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji korelasi berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji F. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel citra merek, harga dan kualitas pelayanan secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel citra merek berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian dengan koefisien beta sebesar 0,424.

Referensi

Aekar. 2010. Manajemen Ekuitas Merek. Spektrum Mitra Utama, Jakarta.

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung.=

Ardiansyah. 2012. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Pembelian Serta Dampaknya Terhadap Proses Keputusan Pembelian J&C Cokies. Jakarta: Universitas Bina Nusantara.

Arikuntoro, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers, Jakarta.

Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Yrma Widya, Bandung.

Ghozali. 2013. Aplikasi Analisis Multivirat dengan Program IBM SPSS 22. Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivirat dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8, Cetakan ke 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hamdani dan Rambut Lupiyoadi. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat, Jakarta.

Irana, Desy, dkk (2017). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman. 5(1)

J. Paul Petter Jerry C Olson. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran.

Jilid 1. Erlangga, Jakarta.

Kotler, Phillip and Kevin Lane Keller. 2011. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa : Bob Sabran, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2012. Prinsip – prinsip Pemasaran. Edisi 15.

Jilid 1. Erlangga, Jakarta.

Kotler dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2014. Prinsip – prinsip Pemasaran. Edisi 12.

Jilid 1. Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2016. Prinsip – prinsip Pemasaran. Edisi 13.

Jilid 1. Erlangga, Jakarta.

Kotler, Phillip and Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi 15. Erlangga, Jakarta.

Puspita, Tia Ayu. 2019. Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Amanda Bownies cabang Sultan Alauddin Makassar. Jurnal of Business and Retail Management Reserch. Vol 2, No 2.

Sangadji. 2013. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Schifman, Leon G. Dan Leslie Lazar Kanuk. 2010. Costumer Behavior. Tenth Edition. Pearson Education.

Solomon, Micheal R. 2015. Costumer Behavior: Buying, Having and Being, 11 th Edition. New Jersey: Prentice-Hall.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sunarto, Ridwan. 2013. Pengantar Statistika Untuk Penelitian: Pendidikan Sosial, Komunikasi, Ekonomi dan Bisnis. Alfabeta, Bandung.

Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Andi, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2015. Brand Management & Strategy. Andi, Yogyakarta.

Vanessa, Ike. 2017. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei pada Mahasiswa Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Adminiatrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun 2013/2014 dan 2014/2015 Pengguna Kartu Pra-Bayar Simpati). Jurnal Administrasi Bisnis, 51 (1).

Wicaksono, Muhammad. 2007. Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Bumi Aksara, Jakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-22

Terbitan

Bagian

Artikel