PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN, STIMULUS, DAN INDIVIDUAL TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN (STUDI PADA CV. SCORLETS DESA KEBONSARI KECAMATAN SUKODADI KABUPATEN LAMONGAN)
Abstract
Abstrak
Â
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengalisis dan menjelaskan pengaruh secara parsial maupun simultan Persepsi Konsumen (X1), Stimulus (X2), dan Individual (X3) terhadap Keputusan Konsumen (Y) atas pembelian pupuk pada CV. SCORLETS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explantory research dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Solvin. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 66 responden. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi liner berganda, uji korelasi berganda, uji koefisien determinasi, uji t, dan uji F. hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi konsumen memiliki nilai t hitung sebesar 6,908 maka t hitung > t tabel (6,908 > 1,998) dengan nilai sig 0,000. Berdasarkan hasil uji F/Simultan dengan menggunakan tingkat signifikansi sebesar 5 % atau 0,05 yaitu sig F sebesar 0,000. Uji F diperoleh nilai F hitung 48,73 > F tabel 2,75
      ÂAbstractÂ
Â
The purpose of this study is to analyze and explain the effect of partially or simultaneously Consumer Perception (X1), Stimulus (X2), and Individual (X3) on Consumer Decisions (Y) on the purchase of fertilizer on the CV. SCARLETS. This research uses explanatory research with a quantitative approach. The sampling technique uses the Solvin formula. The sample used in this study amounted to 66 respondents. Analysis of the data used is the validity test, reliability test, multiple linear regression test, multiple correlation test, the coefficient of determination test, t-test, and F test. The results of the analysis showed that consumers' perceptions have a value of t count 6.908 then t count> t table ( 6,908> 1,998) with a sig value of 0,000. Based on the results of the F / Simultaneous test using a significance level of 5% or 0.05, namely sig F of 0,000. The F test obtained the value of F count 48.73> F table 2.75
  ÂReferences
DAFTAR PUSTAKA
Aidatul, Fitriyah. 2019. Pengaruh Persepsi Konsumen (Merk, Kualitas, Produk, dan Harga) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konveksi Busana Nabila Lamongan. Skripsi. Lamongan: Program Sarjana Universitas Islam Lamongan.
Alma, Buchari. 2015. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung.
Bahrul, Ulum. 2005. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Dan Sikap Masyarakat Terhadap Penggunaan Pupuk Organik.Skripsi. Universitas Islam Negeri Jakarta.
Dharmmesta, B.S, 2015, “Loyalitas Pelanggan: Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan Bagi Penelitiâ€, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol.14,No.3, Hal. 73-78.
Dhyto, Pradana 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Saluran Distribusi Dan Citra Merek Terhadap Proses Kerputusan Pembelian Sereal Sarapan Nestle Koko Krunch. Skripsi. Program Sarjana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Eka Sulistyawati, Ni Putu Eka Yuliartini.2016. Pengaruh Stiumulus Lingkungan Toko Dan Faktor Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Carrefur Sunset Road Di Denpasar. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana.
Hatane, Samuel. 2005. Respon Kingkungan Berbelanja Sebagai Stimulus Pembelian Tidak Terencana pada Toko Serba Ada (Toserba). Jurnal. Universitas Kristen Petra. Surabaya.
Kotler, P, 2015, Manajemen Pemasaran, Analisis, Implementasi dan Pengendalian, Salemba Empat, Jakarta.
Nazaruddin Aziz, Syahmiral. 2018. Pengaruh Harga Dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP.
Resa Puji, Riyanto. 2015 Pengaruh Brand Image, Promosi, Dan Distribusi Pada Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario. Skripsi. Program Sarjana Universitas Negeri Semarang.
Rinta, Santika. 2016. Pengaruh Faktor Produk, Harga, Promosi, dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Bakpia Di Kota Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
Santri Zulaicha, Rusda Irawati 2016 Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Morning Bakery Batam. Jurnal Inovasi dan Bisnis, Vol 4. No.2.
Sugiyono 2015 Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif, edisi ke 20,penerbitan alfabeta, Bandung.