ANALISIS BRAND EQUITY PRODUK KECANTIKAN TERHADAP MINAT BELI PRODUK DI BAROKAH MART MANTUP LAMONGAN

Authors

  • Larasati Marinka Dewi Aprielisa Unisla

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Equity terhadap Minat Beli produk kecantikan pada Barokah Mart Mantup. Selain itu untuk menguji kelayakan uji regresi pengaruh variabel Brand Awareness, Brand Associations, Percived Quality, dan Brand Loyalty terhadap Minat Beli Produk di Barokah Mart Mantup.

Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasi berjumlah 300 orang berdasarkan data 3 bulan terakhir tahun 2019 sehingga sampel yang didapat dari perhitungan rumus slovin adalah 75 responden. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda. Hasil uji t telah dilakukan dan dihasilkan variabel Brand Awareness (X1) (6,755 ) > ttabel (1,994), variabel Brand Associations (X2) diperoleh thitung sebesar (1,012) < ttabel (1,994), variabel Percived Quality (X3) diperoleh thitung sebesar (2,263) > ttabel (1,994), dan Brand Loyalty (X4) diperoleh thitung sebesar (-1,755) > ttabel (1,994).Sehingga dapat diketahui bahwa variabel Brand Awareness (X1) dan variabel Percived Quality (X3) yang berpengaruh secara parsial terhadap variabel (Y). Dan uji simultan telah dilakukan dan dihasilkan nilai F hitung (19,865) lebih besar F tabel (2,50), sehingga variabel Brand Awareness, Brand Associations, Percived Quality dan Brand Loyalty secara bersama – sama berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Produk

 

 

       

Abstract

 

This research aims to determine the influence This research aims to determine the effect of Brand Equity on Interest in buying beauty products at Barokah Mart Mantup. In addition to testing the feasibility of a regression test the influence of the variable Brand Awareness, Brand Associations, Percived. This research uses puposive sampling technic. The population is 300 people based on data from the last 3 months of 2019 so that the sample obtained from the calculation of Slovin formula is 75 respondents. Hypothesis testing in this  Quality, and Brand Loyalty on Interest in Buying Products at Barokah Mart Mantup research uses multiple linear regression. The analytical tool used in this research is the validity test, reliability test, classic assumption test, correlation test, determination test, multiple linear regression test, T test, and F test. From the multiple linear analysis obtained by the equation Y = 0,700 + 0,694X1 + 0,152 X2 + 0,162X3 - 0,182X4 + e. T test results have been carried out and produced Brand Awareness variable (X1) (6.755)> ttable (1.994), Brand Associations (X2) variable obtained by thitung (1.012) <ttable (1.994), Percived Quality variable (X3) obtained thitung by ( 2,263)> ttable (1,994), and Brand Loyalty (X4) obtained thitung of (-1,755)> ttable (1,994). So that it can be seen that the Brand Awareness (X1) and the Percived Quality (X3) variables partially affect the variable (Y). And simultaneous tests have been carried out and the calculated F value (19.865) is greater than the F table (2.50), so that the variable Brand Awareness, Brand Associations, Percived Quality and Brand Loyalty together have a significant effect on Interest in Buying Products.

   

References

DAFTAR PUSTAKA

Dwi, Riska Septi Anggraini. 2016. Analisis Faktor-Faktor Pelayanan, Fasilitas Dan Tarif Kamar Inap Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rsi Nashrul Ummah Lamongan. Universitas Islam Lamongan. Lamongan

Kotler, 2006. Manajemen Pemasaran Edisi ke Sebelas, Jilid II. Jakarta: Indeks

Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2011. 10th Edition. “Marketing an Introductionâ€.Indonesia: Perason.

Kotler, Philip, 1996, “Manajemen Pemasaran : Maketing Management 9eâ€, Jakarta, PT. Prenhallindo.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2011. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa : Bob Sabran, Erlangga, Jakarta.

Roziqin, Ainur. 2016. Pengaruh Potongan Harga Promosi Dan Bonus Terhadap Keputusan Pembeliaan Barang Pada Aldamart Di Lamongan.Skripsi. Lamongan: Program Strata 1 Universitas Islam Lamongan.

Ummah, Suryatul. 2015. Peranan Ekuitas Brand Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Handphone Merek Samsung Di Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Islam Lamongan: Program Strata 1 Universitas Islam Lamongan.

Indah R, Nur. 2018. Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Pada Outlet Elzatta Purwokerto: Program Strata 1 IAIN Purwokerto.

Riduwan dan Sunarto. 2013. Pengantar Statistik cetakan ke-6. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Peneitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan Kedua puluh. Bandung: CV. Alfabeta.

Suyana, Utama Made. 2007. Aplikasi Analisis Kuantitatif. Denpasar: Sastra Utama.

Aaker, David A. 1996. Building Strong Brands, New York: The Freepress.

Aaker, David A. 1997. Manajemen Ekuitas Merek, Alih Bahasa: Aris Ananda. New York: The Freepress. Akhtar, Quratul Ain, Umer Iqbal Siddiqi, Amna

Kotler, Philip. 2003. Manajemen Pemasaran. Edisi 11. Jakarta: Indeks kelompok Gramedia.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2008. Manajemen Pemasaran, Diterjemahkan oleh Bob Sabran, Edisi ke 13, Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, Iwan. 2008. Analisis Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Produk serta Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Sakatonik Liver di Kota Semarang). Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi Vol 4, No.2

Kwan. 2001. Analisis Pengaruh Dimensi Ekuitas Merek terhadap Minat Beli dan Kinerja Pemasaran Produk Power Tools merek " Bosch" di Kota Semarang. Jurnal Manajemen Pemasaran

Winda, Amalia dkk. 2012. Pengaruh Brand Equity terhadap Minat Pembelian Ulang pada Restoran D'Cost di Palembang Square

Pradipta. Dico. 2016. Pengaruh Brand Equity Terhdap Keputusan Pembelian Konsumen Dan Pembeli Kartu Simpati Telkomsel Pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2012&2013 Fakultas Ilmu Universitas Brawijaya.

Adijaya, Abraham. 2016. Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung oleh Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas MaChung

Published

2020-01-01

Issue

Section

Artikel