ANALISIS PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM), SISTEM PENGUKURAN KINERJA, SISTEM PENGHARGAAN DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL PADA DEALER BONANZA MOTOR LAMONGAN

Penulis

  • Eva Santika Unisla

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Total Quality Management (TQM), system pengukuran kinerja, system penghargaan (reward) dan komitmen organisasi terhadap kinerja manajerial pada Dealer BONANZA MOTOR Lamongan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 70 responden yang didapatkan dengan menggunakan sampel jenuh atau total sampling. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa TQM, system pengukuran kinerja, dan system penghargaan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial. Sedangkan komitmen organisasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial. Berdasarkan hasil uji F menyatakan bahwa secara simultan variabel TQM, system pengukuran kinerja, system penghargaan dan komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial. variabel komitmen organisasi yang menjadi paling dominan terhadap kinerja manajerial pada Dealer BONANZA MOTOR Lamongan

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Adang, Yuni Saesary Putri. Et al. 2013. Pengaruh Sistem Pengukuran Kinerja, Total Quality Management, dan Sistem Penghargaan Terhadap Kinerja Manajerial. Jurnal Ekonomid dan Bisnis. Vol. 3 No. 1.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian : Suatu pendekatan praktek. Edisi revisi. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu pendekatan praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Daniel, Asyraf Ali Putra. 2015. Pengaruh Penerapan Total Quality Management (TQM), Sistem Pengukuran Kinerja, Sistem Penghargaan (Reward) dan Desentralisasi terhadap Kinerja Manajerial. Program Pascasarjana. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Diponegoro.

Hasanah, Hikmah. 2013. Pengaruh Total Quality Managemnet Terhadap Kinerja Manajerial dengan Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan sebagai Variabel Moderating: Studi Empiris pada Staf Akuntansi Perusahaan Jasa di Wilayah Jakarta dan Tanggerang. Skripsi. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Hernawan, Aditya. 2014. Pengaruh Total Quality Management (TQM), Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan Terhadap Kinerja Manajerial. Jurnal Akuntnasi. Vol. 3 No. 1. ISSN. 2252-6765.

Jusuf, Raisa Shoffiani. 2013. Analisis Pengaruh TQM, Sistem Pengukuran Kinerja dan Reward terhadap Kinerja Manajerial. Jurna EMBA. Vol.1 No.3. Hal. 634-644.

Kusuma, Eka Ayu. 2016. Pengaruh Total Quality Management,Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan terhadap Kinerja Manajerial pada PT. X di Surabaya. Artikel Ilmiah. Surabaya: Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi.

Mardiyati, Endang.. et al. 2014. Pengaruh Interaksi Antara Total Quality Management dengan Sistem Penghargaan dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Manajerial: Studi Empiris pada SMK di Kabupaten Karanganyar. Jurnal Paradigma. Vol.12 No.02.

Maulidiyah, Muksyfatul. 2017. Pengaruh Total Quality Management (TQM), Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan (Reward) terhadap Kinerja Manajerial: CV. Singkong Arto Mas. Jurnal Riset Manajemen. Hal. 70-85.

Mintje, Nastiti. 2013. Pengaruh TQM, Sistem Penghargaan dan Sistem Pengukuran Kinerja terhadap Kinerja Manajerial: PT. Air Manado, Jurnal EMBA Vol.1 No.3. Hal. 52-62.

Muhtarom, Abid. et al. 2019. Analisis Pengaruh Profitabilitas terhadap Saham pada Perusahaan Manufaktut di Bursa Efek Indonesia : Studi pada Perusahaan Astra Otoparts, Astra Internasional dan Bata Tahun 2013 2017. Jurnal Media Mahardika. Vol. 17. No. 2.

Mursyid, Raisyah. 2011. Pengaruh Partisipasi Anggaran, Komitmen Organisasi, Teknologi Informasi terhadap Kinerja Manajerial: Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Kabupaten Bogor. Skripsi. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Niyati, Iman. 2017. Pengaruh Total Quality Management (TQM), Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan Terhadap Kinerja Manajerial pada PT. Produk Rekreasi (Kids Fun).

Noviansyah. 2018. Pengaruh Total Quality Management (TQM) dan Penghargaan terhadap Kinerja Karyawan: PT. Pos Indonesia Persero Baturaja. Jurnal Ilmiah STIE MDP. Vol. 8 No. 1. Hal.1-17.

Parwisatari, A.A Sagung Istri Devi. 2018. Pengaruh Penerapan Total Quality Management, Komitmen Organisasi pada Kinerja Manajerial dengan Reward sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi. Vol. 25.3. ISSN. 2302-8556.

Simamora, Henry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE YKPN: Yogyakarta.

Simamora, Hendry. 2012. Akuntansi Manajemen. Star Gate Publiser. Jakarta

Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Sugiyono, 2015. Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Susanti, Desy. 2014. Pengaruh Total Quality Management, Sistem Pengukuran Kinerja, Sistem Penghargaan (reward) dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Manajer Unit: Studi pada RS. PKU Muhammadiyah Surakarta. Jurnal Ekonomi dan Bisnis..

Tjiptono, Fardy., Diana, Anastasia. 2003. Total Quality Management. ANDI. Yogyakarta.

Wibowo. 2011. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wibowo. 2014. Manajemen Kinerja Edisi Keempat. Rajawalli Press. Jakarta.

Widyawati, Ida Ayu. 2017. Pengaruh Komitmen Organisasi pada Kinerja Manajerial dengan Locus of Control sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi. Vol. 19. No. 1. Hal. 311-336.

Wulandari, Dika Ayu. 2016. Pengaruh Total Quality Management, Sistem Pengukuran Kinerja, Sistem Penghargaan, dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Manajerial: Studi Kasus pada Perusahaan Batik Danar Hadi. Jurnal Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Diterbitkan

2020-01-01

Terbitan

Bagian

Artikel