ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN YANG DIBERIKAN OLEH PETUGAS DESA (STUDI PADA DESA SOKO KECAMATAN TIKUNG LAMONGAN)

Penulis

  • Indariono Indaiono Unisla

Abstrak

Abstrak

Aktivitas pelayanan sangat berpengaruh terhadap pencapaian mutu dan kelancaran kegiatan organisasi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh petugas desa. Metode penelitian ini menggunakan uji t, uji F. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan masyarakat berpengaruh secara signifikan terhadap pelayanan yang diberikan oleh petugas di Desa Soko Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan. Kepuasan masyarakat berpengaruh secara signifikan terhadap pelayanan yang diberikan oleh petugas di Desa Soko Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan. Ada pengaruh yang signifikan antara variabel pelayanan pegawai (X) terhadap kepuasan masyarakat (Y) pada Desa Soko. Dari hasil penelitian di atas disimpulkan bahwa. Variabel Pelayanan pegawai desa soko paling  dominan berpengaruh  terhadap Kepuasan Masyarakat pada Desa Soko Kecamatan Tikung Lamongan.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Adisaputro, Gunawan. 2014. Manajemen Pemasaran, Cetakan Kedua. Yogyakarta:Unit Penerbit Dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Kasmir. 2014. Kewirausahaan.Cetakan Kesepuluh. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Lovelock dan Wirtz. 2013. Service Marketing. Jakarta : Word Scientific Punlising Co Inc

Pasolong, Harbani. 2013. Administrasi Publik. Yogyakarta: Alfabeta

Philip,kotler. 2012. Pemasaran Strategi Perspektif Value-Based Marketing & PengukuranKinerja. Jakarta : IPB Press

Siregar.2013. Metode Penelitian Kuantitatif.Jakarta :Kencana Prenada media group.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Cetakan Keenam Belas. Bandung: Alfabeta.

Suprapto, 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan.cetakan keempat. Jakarta: PT. asdi Mahasatya.

Titin. 2014. Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap PelayananYangDiberikanOleh Petugas Kelurahan Tumenggung Lamongan . Lamongan SkripsiUniversitas Islam Lamongan.

Tjiptono,fandy.2013. Service Management. Yogyakarta: Buku Beta.

Bagyo, Yupono, 2003. Statistika: Untuk Penelitian Ekonomi dan Sosial. Malang: Penerbit Bayumedia Publishing.

Barata, Atep Adya, 2003. Dasar-dasar Pelayanan Prima. Cetakan Kedua, Jakarta: Penerbit Elex Media Komputindo.

Bungin, M. Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Cetakan Ketiga Jakarta: Penerbit Kencana.

Irianto, Agus. 2004. Statistik: Konsep Dasar dan Aplikasiny., Cetakan Keempat. Jakarta: Kencana.

Prasetyo, Bambang dan Jannah, Lina Miftahul. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif, Cetakan Keempat. Jakarta: Penerbit Raja Grafindo Persada.

Robbins, Stephen P. Perilaku Organisasi. Jilid I dan II. Edisi Kedelapan. Jakarta: PT Prenhalindo.

Sugiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Cetakan Kelima belas. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suharso, Puguh. 200. Metode Penelitian Kuantitatif untuk Bisnis: Pendekatan Filosofi dan Praktis, Jakarta: PenerbitIndeks.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Cetakan Ketig. Jakarta; Penerbit Bumi Aksara.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: KEP/25/M.PAN/2/2004 Tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.

Mahmudi (2010), Manajemen Kinerja Sektor Publik, Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Mahsun, Muhamad (2009), PengukuranKinerja Sektor Publik, Yogyakarta:BPFE.

Ratminto & Winarsih, Atik Septi (2009), Manajemen Pelayanan Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen Charter dan Standar Pelayanan Minimal, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suchman, M.C. (1995), “KepuasanKonsumen dan Penelitian Manajemen Loyalitasâ€. Academy Of Management Review Journal, vol.20, pp. 571-610.

Diterbitkan

2020-01-01

Terbitan

Bagian

Artikel