PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHA MODAL USAHA DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA UMKM SARANG BURUNG WALLET DI DESA KEDIREN KECAMATAN KALITENGAH LAMONGAN

Penulis

  • Eva Febbi Alisaningtyas Unisla

Abstrak

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui pengaruh  variabel karakteristik wirausaha, modal usaha dan strategi pemasaran terhadap perkembangan usaha UMKM sarang burung wallet secara parsial, simultan dan yang paling dominan dari ketiga variabel. penelitian ini mengunakan metode kuantitatif dan dengan mengunakan metode teknik sampling dan sampel titik jenuh. Metode analisis data menggunakan alat analisis uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji korelasi berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji F. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial yang ditunjukan berdasarkan uji t yang menjelaskan bahwa variabel karakteristik wirausaha, modal usaha dan strategi pemasaran berpengaruh signifikan positif terhadap Pengembangan Usaha. Kedua Terdapat pengaruh secara simultan yang ditunjukan berdasarkan uji F yang menjelaskan bahwa variabel karakteristik wirausaha, modal usaha dan strategi pemasaran berpengaruh signifikan positif terhadap Pengembangan Usaha

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Andriani, Mega., Dkk .2019. Analisis Karakteristik Wirausaha Dan Modal Usaha Dalam Pengembangan Usaha Jambu Mete UD Mubarok Lombe. Dikota Kendari. Jurusan Administrasi Bisnis fakultas ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Almaidah, Siti Dan Tutik Endarwati. 2019. Analisis Pengaruh Karakteristik Wirausaha,Modal,Motivasi,Pengalaman Dan Kemampuan Usaha Terhadap Keberhasilan Usaha Pada UKM Penghasil Mete. Dikabupaten Wonogiri. Seminar Nasional Edusaintek Isbn2685-5852.FMIPA UMINUS 2019.

Azliani, Nyayu., Dkk. 2015. Strategi Pemasaran Dalam Pengembangan UMKM Berbasis Kerajinan Untuk Menghadapi Era Eekonpmi Digital. Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor Dramaga, Bogor, Indonesia

Kusumaningrum, Vivi Diah.2015.Analisis Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Dan Strategi Pemasaran Terhadap Pengembangan Umkm Desa Bendong Rejo Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk. Fakultas Ekonomi Program Study Menejemen Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Lasminiasih, et al.2018. Analisis Pengaruh Permodalan, Pemasaran, Teknologi & Inovasi, Kecerdasan Spiritual, dan Perencanaan Strategi terhadap Kinerja Usaha Kecil Menengah (UKM) Mebel di Klaten Jawa Tengah. Universitas Gunadarma. Volume 11, Nomor 1, Oktober 2018, 47-66.

Mandasari, Dewi Jayanti., Dkk. 2019. Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah(UMKM) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember

Noviyanti, Tina. 2016. Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Kreatifitas, Dan Modal Usaha Terhadap Kinerja Usaha Industri Rumah Tangga Batu Bata Kecamatan Gondang Tulung Agung. Program Study Menejemen Fakultas Ekonomi.

Purwanti, Endang. 2015.. Pengaruh Karakteristik Wirausaha,Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Umkm Di Desa Dayaan Dan Kalilondo Salatiga. Vol 15 N0.9 Juli 2015.

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi.Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, Bandung.

Tahir Muh, 2011. Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Universitas Muhammadiyah. Makassaar.

Tahkim, Muhammad Dan Meftahudin. 2018. Analisis Pengaruh Modal Usaha, Kreatifitas Dan Daya Saing Terhadap Pengembangan Umkm (Study Kasus Pada Bengkel Las Dikabupaten Wonosobo). Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech),Vol. 1, No. 1, Agustus 2018.

Diterbitkan

2020-01-01

Terbitan

Bagian

Artikel