Pengaruh Viral Marketing dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Akun Jual Beli di Facebook Survei pada Mahasiswa Universitas Islam Indonesia.

Penulis

  • Fernand Ahmad Alafikry Unisla

Abstrak

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi menghasilkan sebuah gagasan inovasi yang pada akhirnya dapat mendorong perkembangan di dalam dunia bisnis salah satunya adalah kegiatan pemasaran (marketing) untuk membangun kepercayaan konsumen.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel bebas tersebut berpengaruh secara parsial dan simultan serta untuk mengetahui variabel yang lebih dominan.Penarikan sampel dalam penelitian ini sebanyak 106 responden. Setelah itu dilakukan analisis data kuantitatif uji validitas, uji reliabilitas, uji, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi (R2), uji t, uji F. Dari hasil uji t diperoleh Confidance Benefit berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada akun jual beli Facebook, dari hasil uji F semua variabel berpengaruh secara simultan terhadap variabel terikat. Variabel yang lebih berkontribusi besar adalah kepercayaan konsumen mempengaruhi minat beli konsumen pada akun jual beli facebook

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Abedniya, A., & Mahmouei, S. (2010). The Impact of Social Networking Websiteto Facilitate the Effectiveness of Viral Marketing. International Journal of Advance Computer and Science Aplication, 1(6), 139-146.

Aghdaie, S. A., Sanayei, A., & Etebari, M. (2012). Evaluation of the Consumers Trust Effect on Viral Marketing Acceptance Based on the Technology Acceptance Model. International Journal of Marketing Studies, 4(6), 79-94.

Alma, B. (2007). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

APJII. (2019, Januari 2). Retrieved from Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia: www.apjii.or.id

Chaffey, D. (2000). E-Business and E-Comerce Management Strategy,Implementation and Practice. New Jersey: Prentice Hall.

Chaffey, D. (2000). Internet Marketing. England: Pearson Education.

Databoks. (2019, Januari 2). Retrieved from Databoks: www.databoks.com

Dobele, A., Teleman, D., & Beverland, M. (2014). E-Talking : Viral MarketingTo Spread Brand Message. Research Gate, 1(1), 1-20.

Douglas, H. K., & Bateson, J. E. (2006). Services Marketing: Concepts,Strategies, & Cases. USA: Thomson.

Garbarino, E., & Johnson, M. (1999). The Different Roles of Satisfaction, Trust,and Commitment in Costumer Relationship. Journal of Marketing, 63(1),70-87.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Grid. (2019, Januari 2). Retrieved from Grid: www.grid.id

Gruen, T. W. (2006). The Impact Of Customer-To-Customer Online Knowhow Exchange on Customer Value and Loyalty. Journal of Business Research,59(4), 449-456.

Gurviez, P., & Korchia, M. (2003). Test of a Consumer-Brand Relationship Model Including Trust and Three Consequences. International Research Seminar in Marketing, 1(1), 1-20.

Hamed, E. M. (2017). Investigating Effects Of Viral Marketing On Consumer‟s Purchasing Decision (Case Study: The Students Of The Administrative Sciences College Najran University). British Journal of Marketing Studies,5(4), 63-73.

Iprice. (2019, Januari 2). Retrieved from Iprice: https://iprice.co.id

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2011). User Of The World, Unite! The UNIVERSITAS SUMATERA UTARA 86 Challenges nd Opportunities Of Social Media. Elsevier, 53(1), 59-69.

Kennedy, J., & Soemanagara, D. (2009). Marketing Communication: Taktik dan Strategi. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer.

Diterbitkan

2020-01-01

Terbitan

Bagian

Artikel