PENGARUH PRODUK ARRUM, AR-RAHN, DAN AMANAH TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGAMBIL KREDIT

Penulis

  • Aulia Enggar Bagas Diwangkara Unisla

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk Arrum, Ar-Rahn, dan Amanah terhadap keputusan nasabah dalam mengambil kredit pada PT Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Kebomas. Selain itu untuk menguji kelayakan uji regresi pengaruh variabel Arrum, Ar-Rahn, dan Amanah terhadap keputusan nasabah dalam mengambil kredit secara simultan pada PT Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Kebomas. Populasi dalam penelitian ini adalah  nasabah yang melakukan transaksi kredit selama 3 bulan di PT Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Kebomas. Populasi berjumlah 875 orang berdasarkan data tahun 2019 pada bulan – bulan yang sama sehingga sampel yang didapat dari perhitungan rumus slovin adalah 90 responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji t, dan uji F Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa hanya variabel Amanah (X3) yang berpengaruh secara parsial terhadap variabel (Y), sedangkan variabel Arrum dan  Ar-Rahn tidak berpengaruh.berdasakan hasil uji F diperoleh ketiga variabel  berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Nasabah dalam mengambil kredit.

 

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Baluntu, Nur Muhammad Lakdar. "Minat Karyawan Dalam Pembiayaan Kepemilikan Kendaraan Bermotor Melalui Produk Amanah." Jurnal Ilmiah Al-Syir’ah 12.2 (2016).

Bukido, Rosdalina, and Faradilla Hasan. "Penerapan Akad Ijarah Pada Produk Rahn Di Cabang Pegadaian Syariah Istiqlal Manado." Jurnal Ilmiah Al- Syir’ah 14.1 (2016).

Fuad, Muhammad, and Meilyda Trianna. " Analisis Peran Pembiayaan oleh Pegadaian Syariah Bagi Pengembangan UMKN." JURNAL EKONOMI DAN BISNIS ISLAM 3.2 (2018): 217-240.

Hadiana, Hadiana, S. Pd Made Ary Meitriana, and M. Pd Dra Lulup Endah Tripalupi. "Analisis Peraturan dan Mekanisme Produk Kredit pada Pegadaian Konvensional dan Syariah Tahun 2015." Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha 5.1 (2015): 5347.

Hadijah, Siti, Anjuman Zukhri, and Kadek Rai Suwena. "Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menggunakan Jasa Pegadaian Syariah Kantor Cabang Pegadaian Syariah (KCPS) Denpasar." Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 5.1 (2015).

Heryanto, Imam. "Analisis pengaruh produk, harga, distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian serta implikasinya pada kepuasan pelanggan." Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship 9.2 (2016): 80-101.

Surahman, Maman, and Panji Adam. " Penerapan Prinsip Syariah pada Akad Rahn di Lembaga Pegadaian Syariah." Law and Justice 2.2 (2018): 135-146.

Surepno, Surepno. "Studi Implementasi Akad Rahn (Gadai Syariah) Pada Lembaga Keuangan Syariah." TAWAZUN: Journal of Sharia Economic Law 1.2 (2018): 174-186.

Syaifudin, Muhamad. "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah dalam Memilih Pegadaian Syariah Kabupaten Grobogan." Jurnal Ekonomi Syariah (2016).

Wahab, Wirdayani. "Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pegadaian Syariah Di Kota Pekanbaru." Al- Masraf: Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan 2.1 (2017): 27-41.

Diterbitkan

2020-01-01

Terbitan

Bagian

Artikel