PENGARUH KEUNGGULAN BERSAING DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA UKM PARADILA LAMONGAN

Authors

  • Naila Mazidatul Ilmiah

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keunggulan bersaing dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran baik secara parsial, simultan dan faktor yang paling dominan diantara kedua variabel diatas yang mempengaruhi kinerja pemasaran.Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan CV. Paradila dan sampel seluruh karyawan yang berjumalah 50 responden. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel keunggulan bersaing dan orientasi kewirausahaan berpengaruh parsial dan simultan terhadap kinerja pemasaran. Dan variabel Orientasi kewirausahaan berpengaruh paing dominan terhadap kinerja pemaaran pada CV. Paradila.

 

 

       

Abstract

 

This study aims to determine the effect of competitive advantage and entrepreneurial orientation on marketing performance both partially, simultaneously and the most dominant factor between the two variables above that affects marketing performance. Population in this study are employees of CV. Paradila and a sample of all employees who numbered 50 respondents. The results of the study concluded that the variables of competitive advantage and entrepreneurial orientation had a partial and simultaneous effect on marketing performance. And the entrepreneurship orientation variable has the dominant influence on the performance of exposure in the CV. Paradila.

   

References

DAFTAR PUSTAKA

Aditya, Komang. 2017. Peran Keuanggulan Bersaing dalam Memediasi Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. (Jurnal) Bali : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.

Aji, Wahyu Purnomo. 2014. Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan dan Daya Saing Terhadap Kinerja Pemasaran Industri Knalpot. (Jurnal) Diponegoro : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Aulia Arief Nasution, 2014. Analisis Kinerja Pemasaran (Jurnal) medan : Magister Ilmu Manajemen Universitas Sumatera Utara.

Fatmawati, Rossa Amalia. 2016. Peran Keunggulan Bersaing Memediasi Pengaruh Orientasitasi Kewirausahaan Terhadaap Kinerja Pemaaran. (Jurnal) Diponegoro : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

Ferdinand, (2002). Manajemen Pemasaran: Sebuah Pendekatan Strategi Reserch Peaper Series, No.01 Program Magister Universitas Diponegoro

Gendut Sukarno, 2009. Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM Melalui peran Lingkungan, Inovasi Produk dan Kreatifitas Strategi Pemasaran. (Jurnal) Surabaya : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Surabaya.

Gita Sugiarti, 2016. Membangun Keunggulan Bersaing Produk melalui Orientasi Pembelajaran Orientasi Pasar dan Inovasi Produk. (Jurnal) Semarang : Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNTAG Semarang.

Hajar, Siti. 2016. Peran Keunggulan Bersaing Memediasi Pengaruh Orientasitasi Kewirausahaan Terhadaap Kinerja Pemasaran (Jurnal). Bali : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran (Edisi Kedua Belas). Cetakan Ketiga. Jakarta. PT. Indeks.

Lumpkin dan Dess. 1996, Mengklarifikasi kontruksi Orientasi Kewirausahaan dan Menghubungkan dengan Kinerja Academy of Manajement Review, Vol 21 No.1 135-172.

Michael E. Porter. 2008. Competitive Advantage (Keunggulan Bersaing): Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Tangerang. Kharisma Publishing.

Muhammad Bukhori Dalimunthe. 2017. Keunggulan Bersaing melalui Orientasi Pasar dan Inovasi Produk. Medan (Jurnal) Medan : Fakultas Ekonomi, Unversitas Negeri Medan.

Porter M., 1980. Strategi Kompetitif, New york.

Paulus Wardoyo. 2017. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Strategi Usaha dan Kinerja Bisnis UMKM (Jurnal) Semarang : Fakultas Ekonomi Universitas Semarang.

Rasyidi, (2015), Pengantar Teori Ekonomi, Jakarta PT. Grafindo Persada.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suryana, (2008). Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran Yogyakarta : Graha Ilmu.

Yanti, Indra. 2016. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja UKM Kota Makassar. Makassar (Jurnal) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Published

2020-01-01

Issue

Section

Artikel