PENGARUH MOTIVASI BERWIRAUSAHA, SELF EFFICACY, DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN

Authors

  • Mia Suryani Unisla

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi berwirausaha, self efficacy, dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha baik secara parsial, simultan dan faktor yang paling dominan diantara ketiga variabel diatas yang mempengaruhi minat berwirausaha. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Lamongan sedangkan sampel berjumlah 100 responden.

Dari hasil analisis uji t variabel motivasi berwirausaha diperoleh thitung (6,689) > ttabel (1,984), self efficacy diperoleh thitung (3,076) > ttabel (1,984) dan pendidikan kewirausahaan diperoleh thitung (3,142) > ttabel (1,984). Hasil uji Fhitung (52,256) > Ftabel (2,70). Dari uji regresi linier berganda Y = 1,049 + 0,535 X1 + 0,172 X2 + 0,242 X3 + e, maka dapat dilihat nilai paling dominan adalah motivasi berwirausaha sebesar 0,535.

Dari hasil penelitian di atas disimpulkan bahwa variabel motivasi berwirausaha, self efficacy, dan pendidikan kewirausahaan berpengaruh secara parsial terhadap minat berwirausaha. Variabel motivasi berwirausaha, self efficacy dan pendidikan kewirausahaan berpengaruh secara simultan terhadap minat berwirausaha. Dan variabel motivasi berwirausaha berpengaruh paling dominan terhadap minat berwirausaha pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Lamongan.

References

DAFTAR PUSTAKA

Basrowi. (2014). Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Buchari Alma. (2013). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Darpujiyanto. (2011). Motivasi Mahasiswa Untuk Berkarir Sebagai Wirausaha. Tidak terbit

Dede Rahmat Hidayat. (2011). Psikologi Kepribadian dalam Konseling. Jakarta: Indeks

Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Perkembangan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Greogory J. Feist. (2011). Teori Kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika.

Ghozali, Imam (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS19. Edisi 5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Hendro. (2011), Dasar-Dasar Kewirausahaan, Erlangga, Jakarta

https://databoks.katadata.co.id

Kasmir. (2011). Kewirausahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Laura. (2010). Psikologi Umum. Jakarta: Salemba Humanika.

Mudyaharjo, Redja. (2012). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rajagarfindo Persada.

Mustofa, M. A. (2014). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Self Efficacy dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha pada Siswa Kelas XI SMK N 1 Depok Kabupaten Sleman. Skripsi. Yogyakarta: UNY

Noviantoro, Galih. (2017). “Pengaruh Pengetahuan Kewiraisahaan, Motivasi Berwirausaha, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Akuntansi FE UNYâ€. Skripsi. UNY

Nurchotim Lukman Hidayatullah. (2012). “Minat Berwirausaha Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Program Studi Teknik Elektrik Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarangâ€. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Nurhadi, Tony Wijaya dan Andreas Mahendro Kuncoro. (2015). “Intensi Berwirausaha Mahasiswa : Prespektif Pengambilan Risikoâ€. Laporan Penelitian Unggulan LPPM.UNY

Nutisusastro, M. (2012). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Bandung: CV. Alfabeta

Pamungkas, A. P. (2017). Pengaruh Self Efficacy, Pendidikan Kewirausahaan dan Ekspektasi Pendapatan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: UNY

Retno Budi Lestari dan Trisnandi Wijaya. (2012). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa di STIE MDP, STMIK MDP, dan STIE MUSI. Jurnal Ilmiah STIE MDP, Volume 1, Nomor 2, Maret 2012. Hlm. 112-119.

Rusdiana, H.A. 2014. Kewirausahaan Teori dan Praktik, Cetakan ke 1. Bandung: Pustaka Setia.

Setiawan, Deden. (2016). “Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta)â€. Skripsi. UNY

Shane S., Locke E.A & Collins C.J. (2012). Entrepreneurial Motivation. Human Resource Management Review.Hlm.263-269. Journal. Diambil dari http://faculty.utep.edu/LinkClick.aspx?fileticket=MhnG9hB2iQg%3D&tabid=12093&mid=26055, pada 20-04-12.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryana. (2014). Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Suryana, Y. & Bayu, K. (2010). Kewirausahaan Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana.

Syaifudin, Achmad. (2017). “Pengaruh Efikasi Diri, Norma Obyektif, Sikap Berperilaku, dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakartaâ€. Skripsi. UNY

Tirta, Artriyan, S. 2013. Analisis pengaruh Inflasi, Pertumbuhan Ekonomi, dan Investasi terhadap Pengangguran di Provinsi Jawa Tengah. Skripsi. Universitas Negeri Semarang

Wanto, S.F.(2014). Hubungan Kemandirian dan Motivasi Berwirausaha dengan Minat Berwirausaha Siswa Kelas SMK N 1 Sayegan. Skripsi. Yogyakarta: UNY

Widayoko, Agung. (2016). “Pengaruh Efikasi Diri, Norma Obyektif, Sikap Berperilaku, dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakartaâ€. Skripsi. UNY

Yuyus Suryana. (2013). Kewirausahaan. Jakarta: Kencana.

Published

2020-03-01

Issue

Section

Artikel