PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. CAHAYA BINTANG OLYMPIC LAMONGAN EFFECT OF SERVICE QUALITY AND MARKETING STRATEGY ON CUSTOMER SATISFACTION IN PT. CAHAYA BINTANG OLYMPIC LAMONGAN

Penulis

  • Akhmad Fanani Unisla

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara simultan dan parsial pengaruh kualitas pelayanan, strategi pemasaran terhadap kepuasan pelanggan di PT. Cahaya Bintang Olympic lamongan. Populasi dan penelitian ini adalah 217 pelanggan. Dalam penelitian ini tidak seluruh anggota populasi diambil menjadi sampel melainkan terbatas hanya sebagian dari populasi saja. Penentuan ukuran sampel tersebut menggunakan rumus slovin dengan hasil 68,4 dibulatkan menjadi 70. Sehingga penelitian ini merupakan peneliti populasi dan pengambilanya dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner . teknik analisis data yang di gunakan adalah analisis berganda. Berdasarkan hasil analisis data yang di ketahui, bahwa: (1) kualitas pelayanan dan strategi pemasaran secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di PT. Cahaya Bintang Olympic lamongan. (2) kualitas pelayanan dan strategi pemasaran secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Cahaya Bintang Olympic lamongan. (3) yang memiliki pengaruh lebih dominan terhadap kepuasan pelanggan adalah strategi pemasaran karena mempunyai nilai coefficients lebih sebesar.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Adi Prasetyo, 2008, t.d, â€Skripsi Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bmt Kaffah Yogyakarta, Skripsi SEM Institut Yogyakarta.

Heizer, Jay and Render Barry, 2015, Manajemen Operasi : Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan, edisi 11, Salemba Empat, Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat dan Ikhsan, Ridho Bramulya. 2015. Praktikum Metode Riset Bisnis, Jakarta: Salemba Empat.

Amstrong, Kotler 2015, “Marketing and introducing Prentice Hall Twelfth editionâ€, england : pearson education, Inc.

Assauri Sofjan. 2014. Manajemen Pemasaran. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Fandy Tjiptono, Ph.D. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, 2014, Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.

Rangkuti, Freddy. 2014. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Bhiaztika Ristyanadi, Yunni Rusmawati Dwi Jayanti 2018. Pengaruh Citra Merk Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi kasus Perilaku Konsumen Toko Roti Lyly Bakery), Jurnal, Universitas Islam Lamongan.

Fitriah Febriyani 2017. Pengaruh Strategi Pemasaran dan Pengembangan Produk Terhadap Minat Beli Pada PD. Rasa Asli Ciamis, Jurnal, Universitas Islam Lamongan.

Luluk Nur Azizah 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Air Minum Isi Ulang Banyu Biru, Jurnal, Universitas Islam Lamongan.

Unduhan

Diterbitkan

2020-03-01

Terbitan

Bagian

Artikel