ANALISIS HARGA JUAL PRODUK DENGAN METODE COST-PLUS PRICING SEBAGAI DASAR PENETAPAN HARGA JUAL PADA UD. PUTRA KEMBAR DESA CUMPLENG KECAMATAN BLULUK

Penulis

  • Endra Kurniawan Universitas Islam Lamongan

Abstrak

Berdasarkan uraian dan pembahasan mengenai perhitungan harga jual dengan metode cost plus pada UD Putra Kembar, maka penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut : 1) Berdasarkan perhitungan yang sudah dilakukan oleh penulis tentang perhitungan harga jual dengan metode cost plus baik menggunakan konsep kos produksi penuh, kos penuh, kos produksi variabel, dan kos variabel pada UD Putra Kembar pada bulan Desember 2019, Januari, Pebruari 2020.  Berdasarkan perhitungan harga jual dengan metode tingkat pengembalian atas modal yang digunakan pada UD Putra Kembar untuk bulan Desember 2019, Januari, Pebruari 2020 menghasilkan harga jual meja dan kursi sekolah pada bulan Desember 2019 sebesar Rp 536.223,00; bulan Januari Rp 527.029,00; dan bulan Pebruari Rp 408.493,00. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut harga jual meja dan kursi sekolah berbeda tiap bulannya. Penulis menyimpulkan bahwa perbedaan tersebut dikarenakan perbedaan jumlah produksi meja dan kursi sekolah tiap bulannya dan kos yang dikeluarkan tiap bulannya. Berdasarkan tabel diatas diketahui selisih harga jual sebenarnya pada UD Putra Kembar dengan harga jual metode cost plus selisihnya tidak terlalu besar sedangkan harga jual sebenarnya dengan metode tingkat pengembalian atas modal yang digunakan selisihnya terlalu besar. Perbedaan yang sangat jauh diantara harga jual dengan metode cost plus dan metode tingkat pengembalian atas modal yang digunakan karena persentase ROI atau tingkat pengembalian dari aktiva yang digunakan dan persentase tingkat pengembalian atas modal yang digunakan berbeda. Metode cost plus menggunakan target ROI sebesar 15% sedangkan metode tingkat pengembalian atas modal yang digunakan menggunakan tingkat pengembalian atas modal yang dinginkan sebesar 20%.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Baridwan Zaki, 2016. Intermediate Accounting. BPFE, Jakarta. Edisi Sembilan.

Bustami, Bastian, Ddan Nurlela. 2017, Akuntansi Biaya. Mitra Wacana Media, Jakarta. Edisi Pertama.

Basu Swastha Dharmmesta. 2014. Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta.

Danang Sunyoto. 2013. Ekonomi Manajerial Konsep Terapan Bisnis, CAPS (Center for Academic Publishing Service), Jakarta.

Imam, Gozali. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang. Edisi Keempat.

Iskandar Putong. 2011. Pengantar Ilmu Mikro & Makro, Ghalia Indonesia, Jakarta. cetakan pertama.

James F, Engel, Roger D, Blackwell dan Paul W. Miniard, 2014, Perilaku Konsumen. Jakarta : Binarupa Aksara Edisi Enam

Kotler, P., Armstrong, G., Brown, L., and Adam, S. 2016. Marketing, 7th Ed.Pearson Education Australia/Prentice.

Rudianto, 2013. Akuntansi Manajemen: Informasi Untuk Pengambilan Keputusan Manajemen, Grasindo, Jakarta.

Safitri. 2014. "Perhitungan Harga Pokok Produksi Cost-Plus Pricinging Method (Studi Kasus :Pabrik Tahu “Murah Sari 57â€)". Semarang: FEB Universitas Dian Nuswantoro Semarang (Jurnal)

Siti Nur Fatoni, 2013. Pengantar Ilmu Ekonomi (Dilengkapi Dasar-Dasar Ekonomi Islam), Pustaka Setia, Bandung.

S.Nusution, 2016. Metode Research (Penelitian Ilmiah), Bumi Aksara, Jakarta.

Sudarwan Danim, 2012. Menjadi Peneliti Kualitatif, PustakaSetia, Bandung.

Suharsimi Arikunto, 2012. Prosedur Penelitian, Rineka Cipta Ilmu, Jakarta.

Suhardi Sigit, 2011. Manajemen Pemasaran, UST, Yogyakarta.

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. CV. Alfabeta, Bandung.

Syahrum dan Salim. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Cipta Pustaka. Bandung.

T. Sunaryo, 2011. Eonomi Manajerial, Aplikasi Teori Ekonomi Mikro, Erlangga, Jakarta

Unduhan

Diterbitkan

2020-03-01

Terbitan

Bagian

Artikel