FAKTOR-FAKTOR PENDORONG MAHASISWA DI KAMPUS UNISLA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BARANG PRELOVED (Barang bekas)

Penulis

  • Fahrizal Efendi Mousa Unisla

Abstrak

Secara mendasar kebutuhan pokok manusia terdiri dari kebutuhan pangan,sandang dan papan. Namun pada zaman modern ini kebutuhan manusia makin beragam. Tingkat kebutuhan masyarakat yang makin beragam dan terus menerus mengalami progres mengakibatkan masyarakat kesulitan dalam hal menentukan mana kebetuhan primer dan mana kebutuhan sekunder. Berdasarkan latar belakang masalah sebagai mana telah dikemukakan diatas, maka rumusan permasalahannya adalah: Apakah Faktor-faktor Pendorong yang terdiri dari produk (product), harga (price), promosi (promotion), distribusi (place), berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian barang preloved? Apakah Faktor-faktor Pendorong yang terdiri  produk (product), harga (price), promosi (promotion),distribusi (place), berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian barang preloved ? Variabel manakah yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian barang preloved ? Dalam penelitian ini populasi berjumlah 488 mahasiswa dengan sampel terdiri dari 83 sampel dihitung dengan rumus slovin. Hasil dan kesimpulan variabel Produk, Harga, Promosi, Dustribusi berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Alma, Bachari. 2010. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran jasa. Alfabeta, Bandung

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi. Rajawali Pers, Jakarta

Dermawan, Deni. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan Kedua. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hardiawan, Anandia Cahya. 2014. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian secara Online. Jurnal Teknologi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang

Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran Ed.milenium 2. PT. Ikram Mandiri abadi, Jakarta

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2010. Prinsip-prinsip Pemasaran. Gelora Aksara Pratama, Jakarta

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2010. Manajemen Marketing. Edisi 13, Erlangga, Jakarta

Limakrisna, Nandan dan Dr. Ir. Wilhelmus Hary Susilo. 2012. Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi dalam Bisnis, Mitra Wacana Media, Jakarta

Lovelock, Christopher dan Lauren Wright, 2010 Manajemen Pemasaran Jasa Cet. II, Indeks, Jakarta.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2010. Perilaku Konsumen, Refika Aditama, Bandung

Muttaqin, Zainal. 2014. Facebook Marketing dalam Komunikasi Pemasaran Modern. Jurnal Teknologi, Vol.1 No.2

Rahmawati, Siti Annisa dan Ibnu Widiyanto. 2010.Andecedent Keputusan Pembelian Online. Jurnal Manajemen. Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro

Stanton, William j. 2010. “Manajemen Pemasaranâ€, Jakarta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfa Beta

Sumarni, Murti dan John Soeprihanto. 2010. Pengantar Bisnis (Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan). Edisi ke 5. Yogyakarta: LibertyYogyakarta

Swastha, Basu dan Irawan. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2014. Srategi Pemasaran. Andi, Yogyakarta

Yazid. 2010. Pemasaran Jasa Konsep dan Implementasi. Ekonisia, Jakarta

Unduhan

Diterbitkan

2020-03-01

Terbitan

Bagian

Artikel