PENGARUH GREEN PRODUCT DAN GREEN PRICE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK TUPPERWARE (STUDI KASUS PADA MAHASISWA MANAJEMEN FE UNISLA)

Penulis

  • Fisati Choiroh Unisla

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalis dan membahas pengaruh green product, green price, green place dan green promotion terhadap minat beli konsumen pada produk tupperware (studi kasus pada mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Lamongan). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif.  Sample yang digunakan merupakan nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling dengan jumlah 100 responden. Analisis data yang digunakan adalah validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik dan regresi linear berganda dengan menggunakan software SPSS 20. Model matematika diperoleh
 sebagai representasi pengaruh green product, green price, green place  dan green promotion terhadap minat beli konsumen pada produk Tupperware. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara green product, green price, green place  dan green promotion pada produk tupperware terhadap minat beli mahasiswa manajemen Universitas Islam lamongan. Hasil nilai koefisien determinasi  sebesar 0,185, artinya green product, green price, green promotion dan green promotion berkontribusi mempengaruhi minat beli konsumen sebesar 18.5% sedangkan sisanya sebesar 81.5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti oleh peneliti

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asrianto, Balawera, 2013. Green Marketing dan Corporate Social Responsibility Pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen melalui minat membeli produk organic di FreshMart Kota Manado. Jurnal EMBA, 1(4): h: 2117-2129

Dahlstrom, Robert. 2016. Green Marketing Management. Mason: Cengage Learning.

Djaslim, Saladin. 2017. ManajemenPemasaranAnalisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Edisi Ketiga. Bandung: CV. Linda Karya

Fandy, Tjiptono,dkk, 2017, Marketing Scales, Yogyakarta: Andi

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Cetakan IV. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Haryadi, Rudi. 2009. Pengaruh Green Marketing Terhadap Pilihan Konsumen Melalui Pendekatan Marketing Mix (Studi Kasus Pada The Body Shop Jakarta). Tesis Program Studi Magister Management-Program Pasca sarjana Universitas Diponegoro

Ihya’, Aris, 2019, Strategi Relational Benefit Terhadap Peningkatan Kepuasan Pelanggan Pada Alvira Mart Tikung Lamongan. Skripsi Universitas Islam Lamongan

Islam, Darul, 2016, Pengaruh Green Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk Tupperware Di Kabupaten Pamekasan). Tesis Program Studi Magister Management-Program Pasca Sarjana Universitas Trunojoyo Madura

Junaedi, S.M.F. 2017. “Pengaruh Kesadaran Lingkungan pada Niat Beli Produk Hijau: Studi Perilaku Konsumen Berwawasan Lingkungan†Benefit Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 9, No. 2, hal. 189-201.

Kotler, dan Armstrong, Gary, 2016, Prinsip Pemasaran, Edisi kedelapan, Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2003. Manjemen Pemasaran. Jakarta : PT. Erlangga.

Marhadi, Nursyamsi Ayu dan Henni Noviasari 2013 Pengaruh strategi green marketing pada bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen dalam membeli rumah di perumahan PT. Asta Karya Pekanbaru vol 21.

Palwa, Ariyanto. 2014. Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian yang Dimediasi Minat Beli (studi pada pelanggan the body shop di plaza ambarukmo yogyakarta. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Ridwan & Sunarto. 2016. Pengantar Statistika. Bandung:Alfabeta.

Schiffman dan Kanuk. 2016. Perilaku Konsumen. Edisi Kedua, Jakarta: PT. Indeks Gramedia

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cetakan ke 23. ALFABETA, Bandung.

Sumarni, Murti dan Jhon Soepihanto. 2016. Pengantar Bisnis (Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan). Edisi ke 5. Yogyakara: Liberty Yogyakarta Ujang Sumawarwan. 2011. Perilaku Konsumen. Bogor : Ghalia Indonesia.

Suliyanto. (2016). Metode Riset Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Sunyoto, Danang. 2016. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama

Swastha, Basu dan Irawan. 2016. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi II Cetakan Kedua belas. Yogyakarta: Liberty Offset.

Unduhan

Diterbitkan

2020-03-01

Terbitan

Bagian

Artikel