PENGARUH PROMOSI, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PT. NUSANTARA

Authors

  • Fitria Nur Srigati Unisla

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui kualitas produk, harga dan promosi terhadap minat beli konsumen pada PT. Nusantara. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian Survey. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen PT. Nusantara, sehingga sampel yang terpilih sebanyak 100 konsumen yang dihitung dari rumus slovin. Analisis dilakukan dengan cara menyebarkan angket atau kuesioner, kemudian Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, asumsi klasik,uji regresi linier berganda, korelasi berganda, koefisien determinasi, uji t, uji F. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, harga dan promosi  mepunyai pengaruh secara persial terhadap minat beli konsumen pada PT. Nusantara. Kedua variabel kualitas produk, harga dan promosi  mepunyai pengaruh secara simultan terhadap minat beli konsumen pada PT. Nusantara. Variabel harga merupakan variabel paling dominan terhadap minat beli konsumen.

References

DAFTAR PUSTAKA

Andalusi,Ratih (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Instrumen Penunjang Laboratorium. J. Madani. Vol. 1, 307.

Annisa Putri Sabrina, Nur. Elpawati.dan Achmad Tjachja Nugrah. (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pizza Hut Di Jakarta Barat . Jurnal Agribisnis, Vol. 12.150.

Aswan, Hidayat. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Persepsi Harga Terhadap Minat Bell Ulang Pelanggan Voucher Isi Ulang XL di Universitas Semarang. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Semarang. 2 (5): 59-78.

Daud, I., Defriansyah, D., & Welyy. (2016). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Sriwijaya Indralaya. Jurnah Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan, 2(2), 89–102.

Daud, Muhaimin. Andi Artono Dan Eni Prastiti (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Sepeda Motor Honda (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Kadiri). JIMEK.Volume 1. 70.

Dennisa, Eugenia Andrea dan Suryono Budi Santoso. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening: Studi pada Klinik Kecantikan Cosmedic Semarang. Journal Of Management. Volume V; 3-3.

Diyagitama, Ahmad Aziz. Hadi Sumarsono dan Naning Kristiyana (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Hp Samsung Di Artomoro Celluler. Jurnal Ekonomi, Manajemen & Akuntansi Vol. 3 No. 1 April 2019 hal 58 – 65

Faisol, Akhmad. 2016. Pengaruh Budaya, Harga dan Lokasi Terhadap Minat Belanja Konsumen di Pasar Soponyono. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 5, No 2.

Fakhru Rizky Nst, Muhammad Dan Hanifa Yasin (2014). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama Pt. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal Manajemen & Bisnis Vol 14. 137.

Hermanto dan Rendy Saputra (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Smartphone Xiaomi (Studi Kasus Di Jakarta Barat). Business Management Journal Vol.15 (No. 1 )

Hidayat, Andrian dan Hartanto, Gustin (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Smartphone Bergaransi Distributor Pada PT. Tiga Agung. Vol 2. 17.

Iriyanti, Emik. Nurul Qomariah dan Akhmad Suharto. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan sebagai Variabel Intervening: pada Depot Mie Pangsit Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia. Volume II; 1-7.

Karundeng, Nikita. Johny A.F. dan Kalangi Olivia Walangitan (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Home Industri Pia Deisy Desa Kapitu Kecamatan Amurang Barat. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol.8.84.

Latief, Abdul (2018). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol.7. 92-95.

Meutia,Rahmi (2017). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Perpindahan Merek (Studi Kasus pada Produk Oriflame di Kota Langsa). Jurnal Manajemen Keuangan. Vol.6.772.

Nurcahyo, Eko. Agus Hermani dan Ngatno. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Saluran Distribusi terhadap Loyalitas Pelanggan Surat Kabar Harian Suara Merdeka: Studi Kasus pada Pelanggan di Kecamatan Semarang Selatan. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.

Pitri Nainggolan, Nora dan Heryenzus (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Dalam Membeli Rumah Di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, Vol 19. 43-54.

Putranto, Arif Dwi. Suprihatmi Sri Wardiningsih dan Suprayitno. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Moderasi: Studi pada Pelanggan Brownies Amanda Surakarta Cabang Nusukan. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. Volume XVIII; 3-464.

Risnawati (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Perumahan Komplek Amd Permai Banjarmasin). Jurnal Wawasan Manajemen. Vol. 2. 45.

Rusmawati DJ,Yunni (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo (Studi Kasus Di Wilayah Kecamatan Karanggeneng Lamongan). Media Mahardhika. Vol. 17 Vol. 17.464.

Septiani, Fauziah (2017). Pengaruh Harga Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pada Pt Asuransi Jiwa Recapital Di Jakarta). J. Mandiri., Vol. 1.278.

Septiani,Fauziah (2018). Pengaruh Promosi Dan Produk Terhadap Minat Beli (Pada Pt. Asuransi Jiwa Recapital Di Jakarta). J. Madani. Vol. 1.401.

Soedjono, Tegowati, & Wininatin Khamimah (2019). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Promosi, Dan Layanan Purna-Jual Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Akuntansi & Manajemen. Vol.3. 25.

Sumarsono, Rizkhi, Achmad Firdiansjah dan Harianto Respati (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Madlyson Di Distro Aztekline Tulungagung. Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, Volume 8 Nomor 1.

Tjia, Heru Sucianto. Suharno dan M.Amin Kadafi . (2017). Pengaruh Harga Kualitas Produk dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelian: pada PT Duta Kreasi Tehnik Samarinda. Kinerja. Volume XIV; 2-94.

Wardoyo, Dwityas Adi Kusumo dan Saryadi. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Saluran Distribusi terhadap Loyalitas Pelanggan Majalah SWA Melalui Variabel Kepuasan Pelanggan: Studi Kasus pada Pelanggan Majalah SWA di DKI Jakarta. Jurnal Administrasi Bisnis.

Yessenia dan Febsri Susanti (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Tehadap Minat Beli Konsumen Di Mulia Elektronik Di Kota Padang. Jurnal Ilmu Ekonomi.

Buku :

Alma Buchari.(2013), Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Armstrong, dan Kotler. (2010). Dasar-dasar Pemasaran, jilid 1, Edisi kesembilan, penerbit PT. indeks Gramedia. Jakarta

Ghozali, Imam. (2011). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSSâ€. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong, (2001). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1,Edisi Kedelapan,Jakarta,Erlangga.

Muhtarom, Abid., et. al. 2016. Pengantar Ekonomi. UNISLA Press bekerja sama dengan CV. Pustaka Ilalang, Lamongan.

Sugiyono.2016.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT ALfabet.

Sugiyono.2018. Metodologi Penelitian.ALFABETA. cv. Bandung.

Published

2020-01-01

Issue

Section

Artikel