ANALISIS PANDANGAN KEWIRAUSAHAAN DALAM STRATEGI PEMASARAN TERHADAP BISNIS MODIFIKASI MOTOR CUSTOM DI BENGKEL LA MOTOR

Penulis

  • Iyan Mahendra Pratama Unisla

Abstrak

Dalam penelitian ini penulis mengambil variabel bebas antara lain Strategi Pemasaran yang terdiri dari 5 Sub variabel yaitu Segmenting, Targeting, Positioning, Marketing Mix, dan Promotion untuk digunakan sebagai acuan peningkatan Bisnis Modifikasi Motor Custom pada Bengkel LA Motor di Lamongan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel bebas tersebut mempengaruhi secara parsial maupun simultan terhadap variabel terikat. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Setelah itu dilakukan analisis data kuantitatif uji validitas, uji reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, regresi linier berganda, uji t, dan uji F dengan hasil tiap variabel dinyatakan valid dan reliabel.

Hasil pengujian yang dilakukan oleh peneliti dengan uji F terdapat pengaruh yang signifikan secara bersamaan antara variabelSegmenting, Targeting, Positioning, Marketing Mix, dan Promotion sebagai indikator strategi pemasaran terhadap peningkatan bisnis modifikasi motor custom pada Bengkel LA Motordi Lamongan . Dan setelah dilakukan  uji T menunjukan bahwa variabelTargeting, Positioning, dan promotion tidak berpengaruh signifikan hal ini bukan berarti bahwa Targeting, Positioning, dan promotion tidak penting, akan tetap memiliki pengaruh namun tidaksignifikan, namun 2 variabel lainnya yakni Segmenting dan Marketing Mix menunjukan bahwa kedua variabel tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan bisnis modifikasi motor custom pada Bengkel LA Motor di Lamongan. Dari kedua variabelSegmenting dan Marketing Mix, yang sangat singnifikan adalah variabelSegmenting mempunyai pengaruh sangat dominan terhadap peningkatan bisnis modifikasi motor custom pada Bengkel LA Motor di Lamongan.

Dengan demikian dapat diartikan bahwa straregi pemasaran pada indikator Segmenting dilakukan dengan tingkat keakuratan yang tinggi akan mampu menciptakan bisnisterusmeningkat.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Anwar Sanusi, 2011, metodologi penelitian bisnis, Jakarta: salemba empat.

Assauri, Sofjan, 2013, Manajemen Pemasaran, Jakarta: RajawaliPers, PT. Raja GrafindoPersada.

Atmoko, Presetyo Hadi dan Widyaningsih, Heni.(2018). Manajemen dan BisnisPerhotelan. Yogyakarta: Explore.

B. Ramaseshan., Asmal Ishak., & Russel P, J, Kingshott. 2013.†Interactive Effects Of Marketing Strategy Formulation And Implementation Upon Firm Performanceâ€. Journal ofmarketing management.Vol. 29. Pp 11 – 12.

Danang Sunyoto, 2012, Dasar – Dasar Manajemen Pemasaran,Yogyakarta: CAPSDenzin, N.K. and Lincoln, Y.S.2013. Handbook of Qualitative Research.Diterjemahan olehDariyanto, Badrus SamsulFatah, John Rinaldi, PenerbitPustaka Pelajar, Yogyakarta.

Daryanto, 2011, Manajemen Pemasaran, Bandung: PT.Sarana Tutorial NuraniSejahtera.

Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2012. PemasaranStrategik. edisi 2 Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Gamble, E. J & Thompson, A. A. 2011.Essential of StrategiesManagement the Quest forCompetitive advantage. (2th Edition). Boston: Mc Graw – Hill Irwin inc.

Hutama, Cristanto Leona, Subagio. (2014). Analisa Pengaruh Dining Experience Terhadap Behavioral Intention dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening.JurnalManajemen Pemasaran Petra, 2(1).

J. Paul Peter and Jerry C. Olson. 2013. Perilaku konsumen danStrategi pemasaran. Edisi 9, Buku 1, Diterjemahkan oleh Diah Tantri Dwiandani, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Karnelis, (2017).Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap keputusan Konsumen menggunakan Jasa Hotel Kartika Langsa.Jurnal Manajemendan Keuangan Sekolah Tinggi IlmuManajemen Pase, 6(1).

Norris I., Bruce., Kay Peters., & Prasad A. 2012. “Discovering How Advertising Grows Sales and Builds Brands,†Journalof marketing research.Vol. XLIX. Pp 793 – 806.

Nugroho. J. Setiadi, 2012, Perilaku Konsumen, Edisi Revisi.Jakarta: Kencana PrenadaMedia Group.

Paul B. Ellickson., Sanjog Misra., & Harikesh. S. Nair. 2012.†Repositioning Dynamics and Pricing Strategyâ€.Journal ofmarketing research.Vol. XLIX. Pp 750 - 772.

Paul B. Ellickson., Sanjog Misra., & Harikesh. S. Nair. 2012.†Repositioning Dynamics and Pricing Strategyâ€.Journal ofmarketing research.Vol. XLIX. Pp 750 - 772.

Subhra Chakrabarty., Gene Brown.,& Robert., E Widing II. 2012. “The Role of Top Management in Developing Customer Oriented Sales Forceâ€. Journal of personnal sellingand sales management.Voll XXXII. No. 4. Pp 437-449.

Sugiyono, 2012, Memahami Penelitian Kualitatif, CetakanKetujuh, Bandung: Alfabeta.

Totok Mardikanto, 2011, Metoda Penelitian Dan Evaluasi Pemberdayaan Masyarakat Jawa Tengah Indonesia, Program Studi Penyuluhan danPembangunan / PemberdayaanMasyarakat, UNS – Solo.

Van De Ven., Andrew H., and Ferry Diane L., 2012, Measuring andAssesing Organization.New York: A Wiley Interscience Publication.

Unduhan

Diterbitkan

2020-07-01

Terbitan

Bagian

Artikel